Topik Terhangat

Tiga Institut Agama Islam Akan Berubah Status

Menteri Agama RI Suryadharma Ali

Menteri Agama RI Suryadharma Ali

MEULABOH | DiliputNews.com – Sebelum berakhirnya pemerintahan Presiden SBY, sebanyak tiga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Indonesia akan berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) pada tahun 2014.

Hal tersebut dikatakan Menteri Agama RI Suryadharma Ali saat memberikan kuliah umum di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teuku Dirundeng, Meulaboh, Selasa (18/2).

“Saya punya target di tahun 2014 ini, tiga IAIN sekarang ditargetkan berubah status menjadi UIN, yakni IAIN Sumatera Utara, IAIN Semarang dan IAIN Palembang,” kata Suryadharma Ali.

Terkait penegrian STAI Meulaboh, kata dia sudah dipundakan kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dr Dede Rosada yang turut hadir dan tugas pemda beserta rektorat mempersiapkan kelengkapan administrasi.

“Peningkatan status perguruan tinggi agama islam menjadi negeri yang sebagian proses pendidikan diambil alih pemerintah akan lebih menjamin keberlangsungan pendidikan dibandingkan dikelola oleh swasta,” ungkapnya.

Ia mengaku, jika perguruan tinggi itu sudah negeri seluruh pembiayaan proses belajar mengajar diambil alih oleh pemerintah, “Ini bagus karena keberlangsungan pendidikan lebih terjamin kalau dibandingkan dari pada dikelola swasta,” akuinya.

Menurut Suryadharma Ali, sebagian besar perguruan tinggi agama berstatus negeri tersebut berada di wilayah timur dan utara Aceh sementara wilayah Barat Selatan Aceh (barsela) selama ini seakan dianak tirikan oleh pemerintah karena belum ada satupun perguruan tinggi berstatus negeri.

“Ini semua tugas bupati bersama pihak rektorat mempersiapkan segala administrasi, agar STAI Meulaboh secepatnya kita upayakan dinegrikan,” imbuhnya.(Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :