Topik Terhangat

Menteri Agama: Syariat Islam Harus Jadi Pemersatu

Syariat Islam Harus Jadi Pemersatu

Syariat Islam Harus Jadi Pemersatu

MEULABOH | DiliputNews.com – Menteri Agama Suryadharma Ali berharap syariat Islam yang diberlakukan di Aceh diharapkan ke depan semakin menjadi pemersatu dan kekuatan di Indonesia.

Syariat Islam harus menjadi kekuatan ekonomi, sosial dan politik bagi Indonesia, kata Suryadharma Ali ketika diterima Bupati Aceh Barat, Teuku Alaidinsyah di kediamannya, kota Meulaboh, Selasa [18/02] siang.

Menag berada di provinsi paling Barat Indonesia itu dalam kaitan kunjungan kerja untuk melihat langsung kesiapan Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chiek Direndeng, Meulaboh yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) beberapa waktu mendatang.

Ikut mendampingi Menteri Agama, Direktur Pendidikan Islam Dede Rosada, staf khusus Budi Setiawan, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Muhammad Amin, Kanwil Kemenag Aceh dan dan beberapa orang direktur di lingkungan Kementerian Agama.

Syariat Islam yang berkembang di Aceh berlangsung dengan baik.  Karena ajaran Islam itu mengedepankan rahmatan lil alamin, penuh rahmat dan toleransi. Islam yang berkembang di Aceh diharapkan dapat menjadi inspirasi dan mendorong kekuatan bagi ekonomi rakyat. Menjadi kekuatan pemersatu bangsa, ia mengatakan. “Jika kita memberi kehidupan kepada seseorang, tentu itu sama dengan memberi kehidupan bagi jagat raya. Alam semesta yang luas ini,” kata Suryadharma Ali.

Suryadharma Ali menyambut gembira bahwa program kegiatan magrib mengaji di daerah ini mendapat sambutan hanyat. Anak usia dini hingga dewasa melaksanakan dengan baik. Bahkan dilengkapi pula dengan kegiatan safari subuh yang didukung Forum Komunikasi Safari Subuh.

Ini mengandung makna jika lingkungan rumah tangga sudah baik akan memberi dampak luas kepada lingkungan setempat. Jika di lingkungan kabupaten atau kota sudah baik, tentu seterusnya membawa dampak kembaikan bagi negara dan bangsa, ia menegaskan.

Sebab, lanjut dia, bangsa Indonesia saat ini menghadapi tantangan berat berupa degradasi moral. Untuk menghadapi itu, jalan terbaik adalah memperkuat kehidupan beragama. Termasuk penghayatan di dalamnya.

Safari Subuh, menurut Bupati Aceh Barat, dilakukan secara berkeliling dari masjid ke masjid dengan diisi tausiah. Ini tentu saja sebagai pengawasan terhadap jalannya syariat Islam agar tercipta suasana tentram dan damai di daerah itu. Hal ini merupakan kesungguhan dari Pemda Aceh Barat dalam memenuhi dan menegakan, termasuk membina syariat Islam, ujar Alaidinsyah. (Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :