Topik Terhangat

Pegawai Honorer Aceh Barat Tuding Tes CPNS Curang

Pegawai Honorer  / Ilustrasi

Pegawai Honorer / Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Pegawai honorer di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menuding tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) berlangsung curang, karena diduga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Indikasi kecurangan tes CPNS itu disampaikan seratusan pegawai honorer kategori dua (K-2) yang tidak lulus tes dalam unjuk rasa di Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Kamis 20 Februari 2014.

“Banyak kecurangan, seperti ada yang tidak honor, tapi lulus. Kemudian, bukan putra daerah Aceh Barat banyak yang lulus. Sementara kami ada yang sudah 17 tahun honor, berbakti, tapi tidak lulus tes,” tegas Syafran, koordinator aksi.

Kedatangan mereka disambut Sekretaris Daerah Aceh Barat Bukhari dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Aceh Barat Bambang Surya Bakti serta Asisten Pemerintahan Muslem Raden.

Sekretaris Daerah Aceh Barat Bukhari mengatakan pihaknya belum menerima hasil pengumuman tes CPNS yang dilakukan beberapa waktu lalu, sehingga pemerintah kabupaten belum menempelkan pengumuman hasil tes.

“Pemerintah daerah juga tidak dapat berbuat banyak karena yang menyelenggarakan tes adalah pemerintah pusat. Aspirasi pegawai honorer ini kami tampung,” kata Bukhari.

Tidak puas mendengar jawaban tersebut massa mendatangi kantor DPRK Aceh Barat. Mereka menyurut legislatif mengusut kecurangan tes CPNS dan memprioritaskan kelulusan mereka yang tidak lulus.

Dalam pertemuan yang dipimpin Ketua DPRK Aceh Barat Herman Abdullah, pengunjuk rasa mendesak agar legislatif menelusuri hasil tes karena hal tes banyak nama-nama baru dan bukan warga Aceh.

Oleh karena itu, Syafran mewakili massa meminta pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk tidak membuka secara umum penerimaan CPNS di tahun mendatang dan memprioritaskan para honorer yang tidak lulus itu sebagai CPNS.

Ketua DPRK Aceh Barat Herman Abdullah mengatakan, apapun yang disampaikan pengunjuk rasa dari pegawai honorer K-2 yang belum lulus itu akan dibahas bersama Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah.

“Kami akan menindaklanjuti dugaan kecurangan tes CPNS ini. Dalam tes CPNS, pemerintah pusat tidak melibatkan DPRK, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami dilibatkan,” katanya menambahkan.

Tes CPNS yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Kabupaten Aceh Barat diikuti sebanyak 1.099 orang dari honorer K-2. Dari jumlah tersebut, hanya 370 orang yang lulus, sedangkan 729 orang dinyatakan tidak lulus.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :