Topik Terhangat

KNPI Aceh Barat Sosialisasikan UU Tentang Kepemudaan

KNPI Aceh Barat Sosialisasi kan UU Tentang Kepemudaan

KNPI Aceh Barat Sosialisasi kan UU Tentang Kepemudaan


MEULABOH |DiliputNews.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Barat bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga setempat, melakukan Sosialisasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

Sosialisasi tersebut berlangsung ditiga Kecamatan, yakni Kecamatan Meureubo, Samatiga dan Kaway XVI dari tanggal 17 sampai tanggal 20 Februari 2014.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Aceh Barat H. Suwanto NG,SE menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah agar seluruh komponan kepemudaan terutama ditingkat gampong bisa memahami mengenai aturan yang dituangkan dalam UU Nomor 40 Tahun 2009 tersebut.

“Ini berlaku efektif empat tahun setelah diundangkan yaitu sejak tanggal 14 Oktober 2013. Disisi lain Undang-Undang ini juga memberikan jaminan perlindungan dan kepastian hukum atas eksistensi serta aktivitas kepemudaan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Aceh Barat T. Novian Nukman mengatakan bahwa salah satu bagian yang paling banyak memunculkan perdebatan adalah ketentuan pada pasal 1 ayat 1 undang-undang ini yaitu batasan usia pemuda Pemuda / organisasi kepemudaan yang berusia antara 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

Katanya lagi, saat ini meski UU kepemudaan tersebut telah diberlakukan, namun belum semua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menyesuaikan AD/ART utk sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU tersebut.

“KNPI juga masih menunggu keputusan Kongres KNPI yang akan datang untuk perubahan aturan batasan usia tersebut dalam AD/ART,” ungkapnya.

Dalam diskusi dengan peserta sosialisasi, kata dia ditemukan fakta bahwa hampir semua Organisasi pemuda gampong khususnya di Aceh Barat saat ini juga belum memiliki AD/ART yang mengatur mengatur tatakelola organisasi serta dapat menjadi dasar dalam membentuk kepengurusan.

“Untuk itu Disbudparpora dan DPD KNPI Aceh Barat menggagas perlunya dibentuk Forum Komunikasi Pemuda Gampong di tingkat Kecamatan dan Kabupaten yang akan sarana bagi organisasi pemuda gampong untuk memperbaiki performance serta memperjuangkan aspirasi mereka,” pungkasnya.(Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :