Topik Terhangat

ADC Akan Produksi 5 Ceritra Film Dokumenter Aceh

ADC Akan Produksi 5 Ceritra Film Dokumenter Aceh

ADC Akan Produksi 5 Ceritra Film Dokumenter Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Aceh Documentary Competition (ADC) akan memproduksi lima cerita film dokumenter hasil karya terbaik putra dan putri di provinsi itu.

“Setelah melalui seleksi panjang, maka panitia menetapkan lima proposal ide yang menjadi finalis dan ADC siap memproduksi kelima ide cerita film dokumenter tersebut,” kata manejer program ADC M Fauzi di Banda Aceh, Senin 2 Juni 2014.

Lima proposal ide cerita yang terpilih untuk diproduksi menjadi film dokumenter itu masing-masing judul “Dalae (Dalail)” karya Arziqi Mahlil dan Munzir Kota Banda Aceh.

Kemudian proposal ide cerita dengan tema “Dedesen” karya Rahmi Ridzqi dan Nova Sanjaya Aceh Tengah. Selanjutnya “Inoeng Silat” atau sebelumnya pencak silat karya Mifta Yuslu Khalbi dan Nadya Susera Sigli (Kabupaten Pidie).

Keempat adalah cerita berjudul “Pelangi Di Tepian Samudra” karya Muklas Syah Walal dan Fuad Rizqi dari Aceh Singkil. Selanjutnya tema “Teungku Rangkang” karya Muhajir dan Muhammad Akbar Rafsanjani Sigli (Pidie).

“Para finalis akan menjalani proses ‘in-house training’ selama delapan hari bersama tutor profesional film, sebelum mereka kembali ke daerah masing-masing untuk melakukan produksi,” kata M Fauzi.

Ia juga berharap finalis bisa menunjukkan nilai-nilai budaya di dalam kehidupan sehari-hari yang diharapkan dapat menjadi inspirasi masyarakat Aceh dan Indonesia umumnya lewat ide-ide yang mereka angkat.

Kegiatan itu terselenggara atas dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh.

Dia juga menjelaskan para dewan juri yang menyeleksi naskah cerita film dokumenter itu yakni Fauzan Santa (praktisi film senior), Daspriani Y Zamzami (praktisi media), Gading Hamonangan (pengamat sosial dan budaya), M Abduh Aziz (film maker nasional Metro TV dan Titi Lestari peneliti Balai Pelestarian Nilai Budaya).(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :