Topik Terhangat

Hacker Garuda Luka Retas Sejumlah Situs

Hacker Garuda Luka Retas Sejumlah Situs

Hacker Garuda Luka Retas Sejumlah Situs


MASA tenang jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, nyatanya tak menyulutkan niat berbagai pihak untuk meluncurkan kampanye negatif. Salah satunya adalah akun Twitter @garudaluka.

Akun bernama Garuda Luka ini meretas sejumlah website Indonesia seperti www.pks-jakbar.or.id, matahari.co.id, univ-ekasakti-pdg.ac.id, dan univ-ekasakti-pdg.ac.id. Dalam website yang diserangnya, Garuda Luka mengarahkan netter ke website garudaluka.com, yang berisi kampanye negatif terhadap Capres Prabowo Subianto.

Menanggapi hal ini, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail Cawidu, menyatakan belum mengetahui dan menerima laporan. Namun, katanya, jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan maka bisa melaporkannya kepada kepolisian dan Kominfo.

“Jika ada kampanye negatif di media sosial maka bisa dilaporkan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu). Untuk aduan, nantinya pihak yang merasa dirugikan dan Bawaslu, bisa menyampaikannya kepada Kepolisian dan Kominfo,” jelas Ismail, Selasa (8/7/2014).

Dijelaskannya, jika sosok di balik akun @garudaluka diketahui, maka pihak yang dirugikan bisa langsung membawa kasus itu ke ranah hukum. Sedangkan jika tidak diketahui, melainkan hanya berupa akun atau website di internet, maka pengaduan bisa diajukan kepada Kominfo untuk diproses lebih lanjut.

“Sanksinya berat karena pencemaran nama baik. Pelakunya bisa kena UU ITE dan terancam hukuman 6 tahun penjara,” sambungnya.

Adapun di website Garuda Luka yang beralamat garudaluka.com, sang empunya memajang tagline ‘Selamatkan Indonesia sekarang juga! Menjaga Bhinneka Tunggal Ika dari mafia dan penguasa‘. Laman ini mencantumkan berbagai informasi negatif terkait Prabowo di masa lalu hingga saat ini.

Hingga berita ini diturunkan, peretas yang mengatasnamakan dirinya sebagai Garuda Luka itu masih terus menambah jumlah korban website. Belum diketahui siapa dalang dari peretasan laman bernuansa kampanye negatif ini.(Red)

 


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :