Topik Terhangat

LBH Aceh Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Masyarakat

LBH Aceh Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Masyarakat

LBH Aceh Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Masyarakat

MEULABOH | DiliputNews.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh Pos Meulaboh, Minggu (19/8) mengadakan kegiatan penyuluhan hukum bagi masyarakat di Desa Pasie Mesjid, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

“Dalam kegiatan tersebut LBH memberi pemahaman hukum tentang Hak Warga Negara dalam Proses Penangkapan dan Penahanan, Dengan tujuan dasarnya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar terpenuhinya hak-hak masyarakat apabila berhadapan dengan proses hokum,” kata Koordinator LBH Pos Meulaboh, Wahyu Pratama, S.H.

Selain itu, penyuluhan hukum tersebut, kata Wahyu, sangat penting bagi kalangan masyarakat maupun mahasiswa kedepannya, “Tentu saja dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai Hak Asasi Manusia yang harus dilindungi dan dihormati oleh siapa saja dan dimana saja,” katanya Menambahkan.

Warga di Desa Pasie Mesjid tersebut, merupakan warga yang masih terkait konflik pertanahan antara masyarakat Eks Dusun Nelayan Makmur dengan Pemkab Aceh Barat. Dengan landasan tersebut warga lebih tau bagaimana langkah penyelesain masalah hukum.

Disamping itu, LBH Banda Aceh Pos Meulaboh juga melaporkan dan memberikan perkembangan kepada masyarakat dampingan LBH terkait tindak lanut penyelesaian konflik pertanahan antara masyarakat Eks Dusun Nelayan Makmur dengan Pemkab Aceh Barat.

“Direncanakan besok tanggal 19 Januari 2015 LBH Banda Aceh akan mengirimkan Surat Permohonan Penyelesaian Konflik Pertanahan kepada Pemerintah Propinsi Aceh, yang mana tawaran LBH pertemuan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2015, semoga pihak Pemerintah Propinsi Aceh bisa sepakat dengan tanggal pertemuan yang LBH tawarkan tersebut,” ungkpanya.

Dengan adanya kegeitan Penyuluhan Hukum ini, Wahyu mengaharapkan masyarakat dapat memahami tentang persoalan hukum di Aceh, khuhusnya Kabupaten Aceh Barat.

“Apabila sedang berhadapan dengan hokum, warga lebih tau tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, seperti saat proses penangkapan, penahanan maupun pada saat proses lainnya yang berkaiatan dengan hukum,” pintanya.(red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :