Topik Terhangat

Nelayan Aceh Kumpulkan Koin Untuk Australia

Nelayan Aceh Kumpul Koin

Nelayan Aceh Kumpul Koin

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Aksi protes terhadap pernyataan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott membarter pembebasan terpidana mati narkoba Bali Nine dengan bantuan tsunami Aceh juga membuat nelayan di  Banda Aceh meradang.

Sehingga ratusan nelayan pun ikut mengumpulkan koin sebagai aksi protes mengembalikan bantuan tersebut yang berlangsung di Pelabuhan Samudera Lampulo, Banda Aceh. Aksi ini kemudian sempat menyita perhatian pengunjung yang sedang belanja ikan di kawasan itu.

Kemudian pelanggan yang hendak membeli ikan di kawasan itu pun ikut nimbrung bersama nelayan yang sedang mengumpulkan koin. Pengunjung pun ikut melemparkan sejumlah koin yang tengah digalang oleh nelayan tersebut.

Seorang nelayan yang ikut mengumpulan koin, Muhammad menjelaskan, aksi ini dilakukan bentuk protes nelayan terhadap pernyataan Tony Abbott. Karena pernyataannya itu telah melukai hati dan perasayaan rakyat Aceh, termasuk para nelayan.

“Ini merupakan penghinaan untuk rakyat Aceh,” kata Muhammad, Minggu (1/3) di Banda Aceh.

Hal senada juga disampaikan oleh Panglima Laut di Lampulo, Hamdani, aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes dan solidaritas serta ekspresi kekecewaan rakyat Aceh dan nelayan pada Australia.

“Tidak etis mengungkit bantuan yang telah diberikan pada rakyat Aceh saat Aceh terjadi tsunami tahun 2004 lalu, tentu dengan diungkit kembali telah melukai perasaan rakyat Aceh,” tegasnya.

Koin ini kemudian akan diserahkan pada organisasi masyarakat yang juga menggalang koin untuk Australia.  Nantinya koin tersebut akan diserahkan ke Australia.(red/hb)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :