Topik Terhangat

USAID Pioritas Ciptakan Guru Yang Kreatif di Abdya

USAID Pioritas Ciptakan Guru Yang Kreatif di Abdya

USAID Pioritas Ciptakan Guru Yang Kreatif di Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – USAID Prioritas (United State Agency for International Development Prioritizing
Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students) dalam menggelar Pelatihan modul II tingat SD/MI mendapat respon positif dari kalangan guru di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Karena, kegiatan ini dinilai mampu memberikan motivasi dan dorongan bagi tenaga pendidik untuk lebih cekatan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Rahmudin salah seorang guru dan juga peserta dalam pelatihan modul II yang berlansung di Aula Arena Motel Blangpidie, Rabu (4/3) itu, mengatakan, melalui sentuhan Usaid Prioritas yang sudah sukses melatih guru-guru tingkat SMP sederajat, kini guru-guru banyak mengkreasikan media pembelajaran yang dihasilkan dari bahan bekas yang tak berguna lalu diolah menjadi media yang sangat menarik, tidak kalah menariknya dengan media yang dibeli dengan harga yang cukup mahal.

“Kegiatan ini sangat membatu para guru dalam pembaharuan inovasi dalam mengajar di sekolah serta cukup manfaat untuk pembelajaran terhadap siswa,” katanya di sela mengikuti pelatihan modul II dimaksud.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya, Drs H Arijal pada saat membuka kegiatan dimaksud sangat mendukung program yang dijalankan USAID Prioritas.
Menurutnya, sebelum USAID Prioritas datang, pembelajaran di sekolah masih sangat monoton.

“Kemenag Abdya memberikan apresiasi kepada USAID Prioritas, sebab dengan kegiatan ini guru SD/MI menjadi lebih kreatif dan tentunya dapat memotivasi minat belajar siswa,” katanya singkat

Sementara itu, District Koordinator USAID Prioritas Kabupaten Abdya, Yusrizal A secara terpisah menyebutkan, kegiatan yang diikuti 115 perserta itu berlangsung selama empat hari penuh yang melibatkan para guru, kepala sekolah hingga pengawas sebagai peserta.

Dikatakan, pelatihan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, pegawas dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta modul II praktik yang baik dalam pembelajaran pada jenjang SD/MI, memperkenalkan, mempraktekkan pelatihan yang akan dilakukan oleh peserta disekolah mitra USAID Prioritas.

“Kegiatan ini diramu untuk memperkenalkan pengetahun dan keterampilan peserta sebagai guru, kepala sekolah dan pengawas melalui pengalaman praktis dan contoh praktik yang baik disekolah,” ungkapnya.

Modul praktik yang baik untuk SD/MI ini merupakan modul pertama yang mengenalkan konsep dan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang memayungi tiga komponen besar yakni manajemen sekolah, peran serta masyarakat, dan pembelajaran aktif yang di tingkat sekolah dasar lebih dikenal dengan PAKEM dan di sekolah menengah pertama dikenal dengan istilah Pembelajaran Kontekstual.

“Program ini dikembangkan untuk mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama dalam meningkatkan akses pendidikan dasar yang bermutu,” demikian jelasnya. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :