Topik Terhangat

Cempaka Lumut Aceh Jaya Menjadi Incaran

Cempaka Lumut Aceh Jaya Menjadi Incaran

Cempaka Lumut Aceh Jaya Menjadi Incaran


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pecinta batu akik dan giok di Aceh kembali dikejutkan dengan temuan jenis batu baru. Batu tersebut jenis akik bermotif loreng berwarna gelap diberi nama Cempaka Lumut. Batu ini ada dijual di pameran dan kontes batu cincin nasional di Pasar Aceh lantai III, Banda Aceh.

Batu jenis baru ini tergolong masih langka beredar di pasaran. Batu Cempaka Lumut ini ditemukan pertama kali di Panga, Kabupaten Aceh Jaya. Panga dikenal selama ini menjadi pusat batu akik yang memiliki kualitas yang bagus dan warna yang indah.

Seorang penjaga stand, Fauzan Khusen Lamno mengatakan, batu ini baru saja ditemukan dalam dua pekan ini di Panga, Aceh Jaya. Batu Cempaka Lumut ini pun tidak dijual di stand lainnya.

“Ini ada saya bawa bahannya, biar orang percaya kalau ini asli batu akik temuan baru,” kata Fauzan Khusen Lamno, Selasa (10/3) di Banda Aceh.

Kendati demikian, katanya, batu akik Cempaka Lumut bercorak loreng ini belum dikenal banyak orang, karena selain tergolong baru ditemukan, juga belum pernah diikut sertakan pada kontes batu cincin.

Even pemeran dan kontes batu cincin, jelanya, sangat penting bagi pecinta dan penguaha bisnis batu akik. Karena dengan adanya acara seperti ini selain bisa mempromosikan beragam jenis batu baru, juga untuk diikut sertakan dalam kontes batu.

“Berbeda dengan solar, setelah menang kontes di Jakarta baru solar itu harganya mahal, saya yakin Cempaka Lumut ini kalau menang kontes juga akan mahal,” ungkap Fauzan Khusen.

Kata Fauzan, akik Cempaka Lumut banyak dimintani oleh tentara. Salah satunya adalah Komandan Polisi Militer Aceh telah digunakan. “Danpom Aceh juga sudah menggunakan Cempaka Lumut ini, harganya antara Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribu,” tegasnya.(red/hb)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :