Topik Terhangat

Ratusan Personil Kodim Abdya Dibekali Tentang Bahaya Narkoba

Ratusan Personil Kodim Abdya Dibekali Tentang Bahaya Narkoba

Ratusan Personil Kodim Abdya Dibekali Tentang Bahaya Narkoba


BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sejumlah personel Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (10/3) mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), yang digelar di Aula Gedung Serbaguna Makodim setempat.

Dandim 0110/ Abdya, Letkol Inf Suhartono mengatakan, kegiatan itu dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab serta pemutaran film dokumenter tentang bahaya narkoba dengan pameteri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Aceh Selatan, Syukri, pemateri bidang hukum agama, Fakhri SH, pemateri kesehatan dari BNN Dinas Kesehatan, dr. Cut Sri Elvina dan pemateri hukum militer Dansub Denpom IM/2-2 Tapaktuan Lettu Cpm Ahmad Darodi.

Dijelaskan, sosialisasi ini dinilai memiliki makna yang sangat positif dan bermanfaat, karena merupakan suatu wahana untuk dapat saling asah, saling asih, dan saling asuh yang senantiasa akan ditumbuh kembangkan dalam kehidupan keluarga prajurit TNI khususnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi kesehatan, agama dan secara hukum militer.

“Tujuan kita adalah untuk menekan peredaran narkoba termasuk penyalahgunannya sekaligus menambah wawasan bagi para prajurit. Sebab kita turut menghadirkan pemateri dari beberapa keterkaitannya, mulai dari kesehatan, secara kemiliteran hingga kaitannya dengan agama,” paparnya.
Dandim juga berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar menyimak dan memperhatikan apa yang disampaikan pemateri dan tanyakan hal-hal yang belum dimengerti tentang bahaya narkoba.

“Jangan sekali-kali mencoba menggunakan atau mengedarkan karena akibatnya akan merugikan diri sendiri dan tidak ada ampun bagi prajurit TNI yang terlibat, sebab bisa dihukum berat hingga pemecatan dari dinas,” tegasnya.

Perwakilan BBN Aceh Selatan, Syukri kepada para peserta memaparkan tentang bahaya narkoba, diawali dengan mengenal apa itu narkoba. Selain narkoba, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Ia juga mengajak seluruh personel TNI termasuk seluruh masyarakat Abdya agar datang dan melapor jika ada kerabat maupun anggota keluarga yang diketahui menggunakan narkoba.
“Kami siap membantu untuk direhabilitasi dan ini adalah komitmen BNN merubah paradigma penanganan para pengguna dan menyalahgunakan narkoba,” terangnya.

Amatan di lapangan, seusai acara sosialisasi dilakukan pemeriksaan (test urine) secara acak kepada 26 orang personel yang hadir dan ikut dalam kegiatan tersebut dengan tujuan agar diketahui apakah ada personel yang mengonsumsi narkotika. Namun, dari hasil pemeriksaan tes urine terhadap 26 personel tersebut diperoleh hasil negatif, artinya dari 26 orang tersebut dinyatakan bebas dari narkoba.

Selain dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono, kegiatan yang diikuti 150 peserta itu juga Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Kristanto, Plh Dansub denpom IM/2-4 Blangpidie Serma Kadir Pait, Para Pasi, Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0110/Abdya dan Para Ibu-ibu Persit Cab.XXXII Dim 0110/Abdya. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :