Topik Terhangat

Pejabat Abdya Nyaris Diperas Oleh Oknum Mengaku Kapolres

Pejabat Abdya Nyaris Diperas Oleh Oknum Mengaku Kapolres

Pejabat Abdya Nyaris Diperas Oleh Oknum Mengaku Kapolres

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Seorang oknum penelpon gelap yang mengaku sebaga Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) nyaris melakukan pemerasan dan penipuan terhadap sejumlah Pejabat di Kabupaten setempat.

Penipu yang  hingga saat ini belum diketahui namanya itu, meminta kepada sejumlah pejabat itu agar mentransfer uang dengan jumlah puluhan juta rupiah.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya Maswadi, Kamis (19/3) mengaku nyaris menjadi korban penipuan oleh oknum tersebut,  kejadian itu dialaminya pada hari Selasa (17/3) lalu, Ia sempat menerima telepon dari nomor yang tidak ia kenal.

Saat diangkat, seorang laki-laki berbicara kepadanya sembari mengaku sebagai Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto Sik. Maswadi sempat menaruh curiga terhadap suara dan logat Kapolres gadungan itu. Namun karena penasaran, yang bersangkutan tetap melayani pembicaraannya sampai tuntas.

Selain itu, Kapolres Gadungan yang tidak bertanggung jawab itu tidak berhenti dengan cara menelpon calon korbannya saja, tetapi juga melayangkan sebuah pesan singkat (SMS) yang menyatakan bahwa ia merupakan Kapolres Abdya.

Bukannya hanya Kadis, oknum itu juga melakukan hal yang serupa terhadap sejumlah kepala bidang (kabid) yang ada dalam Distannak Abdya. Ia meminta kepada para calon korban untuk mengirimkan uang sebesar Rp 20 juta dengan catatan korban tidak boleh menceritakan hal tersebut kepada siapapun.

“Merasa pesan tersebut tidak benar, saya langsung mendatangi Kapolres Abdya guna mengklarifikasi hal tersebut,” ungkap Maswadi.

Namun, setelah dicek, nomor tersebut bukanlah nomor ponsel Kapolres Abdya. “Saat itu kami sadar, bahwa kami hampir saja menjadi korban penipuan dengan modus mencatut nama Kapolres,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Abdya, AKBP Budi Samekto Sik saat dikonfirmasi wartawan, mengatakan bahwa Kepala Distannak Abdya dan sejumlah pejabat lainnya yakni para Kabid di instansi itu telah mengalami penipuan.

“Jangan mudah percaya. Itu ulah oknum yang tidak jelas. Kita masih melacak keberadaan oknum tersebut. Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto Sik tidak pernah meminta uang dalam bentuk apapun,” ujarnya dengan tegas

Ditambahkan, telepon gelap tersebut terungkap ketika Kepala Distannak Abdya menjumpai Kapolres langsung di Mapolres Abdya guna mengklarifikasi kebenaran pesan singkat dan telepon dengan modus penipuan.

“Saya tegaskan, jika ada oknum yang mengatasnamakan Kapolres, hubungi segera. Akan kita tindak sesuai hukum. Kita minta kerjasama dengan para pejabat dan seluruh kalangan masyarakat. Sedang kita telusuri, siapa oknumnya. Jika terbukti akan kita tindak sesuai prosedur hukum,” demikian tegasnya lagi. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :