Topik Terhangat

Elemen Sipil Tuntut Qanun Kesehatan Di Nagan Raya

Elemen Sipil Tuntut Qanun Kesehatan Di Nagan Raya

Elemen Sipil Tuntut Qanun Kesehatan Di Nagan Raya

NAGAN RAYA  | Diliputnews.com – Ratusan Eleman Sipil yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Nagan Raya (MPK-NR) melakukan aksi di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten  (DPRK) setempat, Rabu (25/3).

Kedatangan para elemen sipil ke gedung wakil rakyat itu,  untuk mendesak agar dewan segera membahas qanun kesehatan  Ibu dan Anak (KIA) di wilayah itu.

“Sebab dalam berapa riset yang dilakukan forum MPK-NR selama 2 tahun terakhir, Bahwa tingginya angka kematian Ibu dan Anak,  dengan itu kami mengangkat isu ini ke publik,” kata Koordinator MPK-NR, Asrina.

Dalam aksi tersebut, para elemen menyerahkan petisi kepada anggota dewan, adapun bunyi petisi yang diserahkan, yakni meminta kepada pemerintah kebupaten bersama DPRK untuk dapat segera melakukan pembahasan mengenai penerbitan kebijakan dibidang kesehatan ibu dan anak dalam bentuk qanun.

Kedua, meminta kepada Pemerintah kabupaten dan DPRK untuk dapat menentukan apakah qanun kesehatan ibu dan anak tersebut dilahirkan melalui legeslatif/ Hak inisiatif dewan atau melalui SKPK.

Ketiga, meminta pemerintah kebupaten dan DPRK untuk mengatur dan menjadwalkan pertemuan lintas Stakeholder kaitanya dengan pembuatan qanun kesehatan ibu dan anak.

Keempat, meminta pemerintah kebupaten dan DPRK untuk mengatur dan menjadwalkan pertemuan lintas Stakeholder kaitanya dengan pembuatan qanun kesehatan ibu dan anak, Empat.

Dan kelima meminta keterlibatan seluruh elemen masyarakat masyarakat di Nagan raya untuk dapat mendukung lahirnya qanun kesehatan ibu dan anak.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bustaman, yang didampingi Ketua Komisi D Sugianto menerima aspirasi mengaku akan berupaya untuk membahas qanun kesehatan tersebut, dengan cara memanggil semua stakehoder yang terkait, sehingga qanun ini teralisasikan.

“Minggu depan permasalah ini dibahas pada rapat dengar pendapat, pada kegiatan tersebut semua SKPK terkait dipanggil untuk mendengarkan pendapat mereka semua.” Katanya.(Red/Mc)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :