Topik Terhangat

Aceh Barat Susun Grand Design Pembangunan Kependudukan Jangka Panjang

MEULABOH | DiliputNews.com- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Aceh, menggelar kegiatan fasilitasi Grand Design Pembangunan Kependudukan Kabupaten Aceh Barat tahun 2016. Kegiatan tersebut dilakukan untuk sinkronisasi kuantitas dan kualitas kependudukan di Aceh dalam jangka panjang, Selasa (2/8/2016) pagi, di Aula P2TP2A Aceh Barat.

“Program Grand Design kependudukan pemerintah Aceh masih tahap awal. Aceh Barat merupakan daerah pilot project yang ditunjuk secara nasional. Hanya ada dua Kabupaten yang terpilih satu lagi Sleman, Jogjakarta,” Kata Muchtaruddin, salah satu tim pendampingan dari Pemerintah Aceh.

Terpilihnya Aceh Barat sebagai pilot Project grain design pembangunan kependudukan, kata dia, karena kabupaten tersebut berhasil menjadi daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik di Aceh tiga kali berturut- turut, bahkan pernah menjadi juara pertama dalam perencanaan terbaik tingkat nasional sehingga memperoleh Pangripta Nusantara.

Dalam program grand design pembangunan kependudukan yang dilakukan tahap awal itu,kata dia, adalah mendata jumlah penduduk serta melakukan penataan terhadap pembangunan pendidikan dan kesehatan serta penyebarannya, agar Aceh secara kuantitas maupun kualitas tertata dengan baik secara jangka panjang.

“Persebaran penduduk Aceh sekarang masih belum merata ada kecamatan banyak penduduknya ada sebagian kecamatan sangat kurang, ini perlu ada perencanaan dari pemerintah agar penduduk lebih merata, termasuk nanti memperbaiki administrasinya, ini juga bagian penting dari pembangunan aceh untuk ke depan,” kata dia.

Sementara itu Asisten III, Sektaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Barat, Tabrani Usman, mewakili Bupati Aceh Barat mengatakan program grand design pembangunan kepadudukan merupakan momentum guna melahirkan rumusan yang kongkrit menyangkut pembangunan sumber daya manusia, serta kualitas kehidupan masyarakat.

Menurutnya, dalam program grand design penduduk itu perlu dimasukkan hal-hal yang dapat mendorong masyarakat, terutama pemuda agar lebih proaktif dalam melahirkan inovasi baru yang positif di tengah-tengah masyarakat.

“Kami memberi apresiasi kepada pemerintah Aceh yang selalu mendukung program-program di daerah, juga terimaksih karena Aceh Barat telah ditetapkan sebagai pilot project grand design pembangunan kependudukan yang saat ini sedang dalam proses penyusunan” kata Tabrani saat membacakan pidato Bupati.

Aceh Barat, akat dia, mendapatkan bonus demografi, dimana jumlah penduduk usia muda lebih banyak, hal tersebut yang menjadi perhatian serius pemerintah, jangan sampai di era serba maju pemuda malah menjadi malapetaka bagi daerahnya.

“Penduduk usia muda harus kita pikirkan di segala aspek, termasuk bidang pekerjaan, maka diharapkan pemuda harus hidup produktif. Jika pemuda produktif tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah” ujarnnya.(Yunus)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :