Topik Terhangat

Selama Dua Hari Api Lalap Lahan Gambut Lima Kecamatan Di Aceh Barat

Titik api kebakaran lahan gambut di Aceh barat (Photo Udara BAPPEDA Aceh Barat)

Titik api kebakaran lahan gambut di Aceh barat (Photo Udara BAPPEDA Aceh Barat)

MEULABOH | DiliputNews.com- Sejak dua hari terakhir ini Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat terus berupaya melakukan pemadaman terhadap kebakaran lahan gambut yang terjadi di lima kecamatan di Kabupaten setempat.

Kepala Bidang Kesiapan Kesiagaan Dan Pencegahan, BPBD Aceh Barat, Dodi Bima Saputra, kepada wartawan, Rabu, (3/8) mengatakan kebarakan lahan gambut yang terjadi di Aceh Barat ditemukan delapan titik api meliputi kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Bubon, Woyla dan Kecamatan Arongan.

Menurut Dodi, Untuk memadamkan didelapan titik api yang terjadi secara bersamaan selama dua hari ini, BPBD Aceh Barat mengerahkan seluruh armada pemadam kebakran dan tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi dan memperioritaskan titik apa yang berdekatan dengan Pemukiman penduduk.

“ kemarin titik api sudah mendekati pemukiman penduduk di daerah Suak Raya, sehingga kita prioritasnya kesana”, katanya.

Meski dengan fasilitas yang kurang memadai tim reaksi cepat dari BPBD Aceh Barat, telah berhasil memadamkan sebagian lokasi titik kebakaran di lahan gambut yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, karena ada sejumlah lokasi yang tidak dapat dijangkau dan jauh dari pemukiman.

“ Untuk peralatan seperti selang rata-rata panjang hanya 50 meter, sehingga harus kita sambung-sambung untuk mencapai kelokasi yang dekat dengan pemukiman ”, ujarnya.

Delapan titik lokasi kebaran yang terjadi di Aceh diantaranya; Kecamatan Johan Pahlawan terdapat tiga titik api, yakni Desa lapang, Desa Suak Raya, dan Desa Leuhan. Kecamatan Meureubo terjadi kebakaran lahan di Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Bubon di Desa Kuta Padang Layeung, Kecamatan Woyla satu titik dalam kawasan hutan (sumber BMKG), Kecamatan Arongan Lambalek dua titik api (sumber BMKG). Sehingga saat malam hari kota Meulaboh sejak dua malam terakhir ini sangat terasa kepungan asap yang mulai mengganggu aktifitas warga.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :