Topik Terhangat

Pemkab Aceh Barat Siapkan Anggaran Dua Miliar Untuk PKAB

Tari saman : sumber net

Tari saman : sumber net

MEULABOH | DiliputNews.com- Guna menyukseskan kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) yang akan digelar sejak tanggal 22 Agusutus hingga 28 Agustus 2016, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat siapkan anggaran sebesar dua miliar rupiah.

“Alokasi anggaran ini akan digunakan untuk berbagai event kegiatan yang digelar dalam kegiatan PKAB,” Kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga (Disbudpar pora) Aceh Barat, Teuku Novrizal, kepada wartawan, Rabu, (3/8/2016).

Dalam kegiatan itu, kata Novrizal, pihaknya selaku panitia akan membangun sebanyak 44 stand dengan rincian 32 untuk Dinas, Kantor maupun badan di bawah Satuan Perangkat Kerja Kabupaten (SKPK) setempat.

Novrizal menambahkan, anggaran yang diperuntukan dalam kegiatan itu sudah sesuai penggunaannya, dan kegaiatan yang dilaksanakan tersebut juga bukan kegiatan sekedar seremonial yang hanya menghambur- hamburkan uang daerah, namun memiliki manfaat besar.

“Event tahunanya yang kita lakukan ini bukan sekedar seremoni namun seni dan budaya lokal Aceh Barat, sehingga apa yang menjadi seni dan budaya daerah dapat dipertahankan,” ujarnya.

Adapun kegiatan yang berlangsung dalam PKAB ini, kata dia, yang akan dilakukan adalah Pawai Budaya, lomba tari tradisional, kenduri rakyat, karnaval, Meulaboh expo, pameran budaya setiap kecamatan,

Lomba masak tradisional, permainan rakyat, pameran pembangunan, malam resepsi penutupan, eksebisi teumpen raya, syareh budaya, pameran photo dan luksian, expo rumpun pertanian, pagelaran adat perkawinan dan expo ternak.

“Nanti juga ada gelar baca puisi nusantara, diikuti oleh penyair dalam dan luar negeri. Ada peluncuran buku pasi karam,” terangnya.

Untuk menarik minat wisatawan luar Aceh Barat, kata dia, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :