Topik Terhangat

Lakukan Uji Sandar, Kemenhub Nyatakan Pelabuhan Kuala Bubon Layak Operasi

KMP Teluk Sinabang saat bersandar di dermaga Pelabuhan Penyeberangan Kuala Bobon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat

KMP Teluk Sinabang saat bersandar di dermaga Pelabuhan Penyeberangan Kuala Bobon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com- Kementrian Perhubungan dibawah Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Darat bersama dengan PT ASDP (Angkutan Sungai Danau Dan Penyeberangan) berhasil melakukan uji sandar pelabuhan penyeberangan rute Kuala Bubon (Aceh Barat)- Sinabang (Simeulue), sebelum dimulainya pengoperasian pelabuhan tersebut.

Uji sandar yang dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Teluk Sinabang itu, berlangsung, Jumat sore, (5/8/2016) disaksikan oleh Bupati Aceh Barat, DR (H.C) H T Alaidinsyah, Kasubbid Pelabuhan Penyeberangan, Diten Perhubungan Darat, Jhonny Siagian, dari Dinas Perhubungan Aceh, Muchsin, Kepala Dinas Perhubungan Aceh Barat, Saiful AB, Kantor Kesyahbandar Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Meulaboh, Pauzi, dan Pimpin PT ASDP Cabang Singkil, Gunawan.

Kasubbid Pelabuhan Penyeberangan, Ditjen Perhubungan Darat, Jhonny mengatakan uji sandar yang dilakukan tersebut telah berhasil, sehingga diputuskan pelabuhan tersebut telah layak beroperasi.
“Tadi kita coba lakukan uji coba sandar ternyata dari mulai kita coba berlabuh, lalu kita coba putar arah ketengah laut dan kembali bersandar tidak ada kendala,”kata Jhonny, kepada wartawan usai uji sandar, Jumat sore.

Dengan layaknya uji sandar itu, kata dia, maka pihaknya akan segera mengusulkan rekomendasi kepada Gubernur, paling lampat senin ini untuk segera dikeluarkan Surat Keputusan Beroperasinya pelabuhan itu.

Dikatannya, pelabuhan tersebut ditargetkan beroperasi pada bulan agustus ini sebagaimana harapan bupati Aceh Barat. Dengan beroperasinya pelabuhan itu, diharapkannya mampu memberikan nilai ekonomi bagi Kabupaten Aceh Barat.

Jhonny juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten setempat dapat menyediakan transportasi lanjutan dipelabuhan itu untuk menghindari penumpukan penumpang, karena sulitnya transportasi angkutan kota (angkot) yang beroperasi di daerah pelabuhan tersebut.

Kita Akan Operasikan Satu Minggu Dua Kali.

Sementara itu Pimpinan ASDP Cabang Singkil, Gunawan, menyebutkan nantinya akan ada dua kapal roro yang akan melayani pelabuhan penyeberangan Rute Kuala Bubon- Sinabang tersebut. Adapun dua kapal itu yaitu KMP Teluk Sinabang dan KMP Labuhan Haji.

“Untuk jadwal keberangkatannya nanti satu minggu dua kali, dan akan berangkat dari Meulaboh sekitar pukul 14.00 WIB agar tidak terlalu gelap sampai disana. Untuk harinya nanti kita tentukan,” ujar Gunawan.

Gunawan menambahkan sebelum adanya jadwal tetap, saat ini pihaknya menunggu SK dari Gubernur terkait pengoperasian pelabuhan tersebut. Sedangkan untuk tarif, kata dia, telah dikeluarkan SK oleh gubernur Aceh, Zaini Abdullah, dengan tari untuk dewasa 63 ribu rupiah, sedangkan untuk anak- anak 38 ribu rupiah. (Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :