Topik Terhangat

Juliana Penderita Gizi Buruk Dari Aceh Barat Dirujuk Ke RSUZA

Juliana,(8) penderita Gizi Buruk |Photo Dzahin Umar.

Juliana,(8) penderita Gizi Buruk |Photo Dzahin Umar.

MEULABOH | DiliputNews.com- Juliana, (8) tahun warga Desa Bukit Meugajah, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat yang menderita gizi buruk, Senin, (8/8/2016) terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien (RSUD CND) Meulaboh, Eman Tuahta Surbakti, mengatakan Juliana terpaksa dirujuk ke RSUZA disebabkan oleh keterbatasan alat yang dimilik rumah sakit itu, terutama untuk mendeteksi jenis penyakit yang dialami oleh bocah tersebut.

“Karena kita disini tidak punya CT Scan (Computerized Tomography Scanner) untuk mendeteksi penyakitnya, apakah mengalami gangguan sarafnya sehingga dia tidak bisa bicara serta alami lumpuh,” Sebut Eman.

Setelah dilakukan pemeriksaan di RSUZA nantinya, katanya, keputusan ada pada pihak dokter yang tangani disana apakah akan dirawat dirumah sakit ibu kota provinsi Aceh tersebut atau dikembalikan untuk diobati di RSU CND.

Anak pasangan Hasan dan Sambimah itu, ucapnya, telah dirawat dirumah sakit itu selama sebelas hari, dan terus diberikan asupan tambahan agar tidak terjadi dehidrasi.

Menurutnya, selama dirawat di RSU CND,kondisi Juliana mulai membaik meski berat badannya hanya berhasil bertambah 3 kilogram dari sebelum dirawat dirumah sakit itu hanya 13 kilogram.

“ Terkait dengan biaya pengobatan Juliana tidak ada kendala karena sudah ditanggung BPJS Kesehatan,” ujarnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :