Topik Terhangat

Pasokan Air Asin, Ini Alasan PDAM Tirta Meulaboh

MEULABOH | DiliputNews.com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh beralasan asinnya air yang disuplai kerumah pelanggan selama ini disebabkan oleh penyusutan debit air sungai Krueng Meureubo, sehingga bercampur dengan pasang air laut.

Direktur PDAM Tirta Meulaboh, MW Taufik, kepada wartawan, Senin, (8/8/2016) mengatakan akibat dari dekatnya intake dengan hulu sungai Krueng Meureubo membuat mudahnya terserap pasang air laut yang becampur air sungai kedalam intake (pengolah air).

“Intake yang kita pasang itu di daerah pasie mesjid yang sudah mendekati hulu, sehingga saat musim kemarau debit air berkurang dan saat terjadi pasang laut membuat air itu tercampur,” kata MW taufik.

Dikatakannya, asinnya air PDAM yang dipasok hanya dialami oleh pelanggan yang berada di Kecamatan Johan pahlawan saja, sedangkan pelanggan di Kecamatan Kaway XVI tetap seperti biasa, karena intake untuk kecamatan itu berada didaerah Beureugang yang datarannya lebih tinggi.

MW Taufik mengaku, kondisi asinnya air PDAM terjadi setiap tahunnya saat musim kemarau tiba sehingga debit air menyusut.

“Karena ini disebabkan oleh faktor alam sehingga akan normal saat kondisi alam juga, seperti telah turunnya hujan membuat volume air bertambah dan debit air menjadi lebih kencang,” ungkapnya.

Meski persoalan itu kerap terjadi, kata dia, pihaknya tidak dapat mengatasi lantaran kurangnya anggaran yang tersedia sehingga tidak mampu mengadakan peralatan pengolah air asin menjadi air tawar.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sempat menyusun perencanaan untuk memindahkan intake kedaerah lebih tinggi namun karena keterbatasan anggaran proyek tersebut juga tidak bisa dilaksanakan hingga saat ini.

Dalam kesempata itu, MW Taufik mengatakan jika saat ini kondisi air yang dipasok oleh perusahaan plat merah itu sudah kembali normal, setalah sepekan menimbulkan rasa asin.

“Kami juga meminta maaf kepada pelanggan yang berjumlah 4.600 pelanggan, yang merakasan asinnya air yang dipasok PDAM Tirta Meulaboh selama sepekan ini. Kalau untuk jumlah pelanggan secara keseluruhan 6.200 pelanggan” ujarnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :