Topik Terhangat

Cegah Karlahut Di Aceh Barat, PT Mifa Gelar Bahaya Kebakaran Hutan

Sekcam Meureubo Memberikan Pengarahan Dalam Sosialisasi Karhutla

MEULABOH | DiliputNews.com– Perusahaan tambang batubara PT. Mifa Bersaudara melakukan penyuluhan terkait dengan bahaya kebakaran lahan dan hutan atau Karlahut. Penyuluhan tersebut berlangsung, Selasa, (9/8/2016) dikantor Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat dan diikuti oleh keuchik disekitar kawasan, serta desa lintasan jalan hauling dan Desa yang berada disekitar pelabuhan khusus milik perusahaan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB hingga 15.30 WIB itu, turut bekerjasama dengan pihak kecamatan Meureubo, mukim Meureubo, mukim Rantau Panjang, Pembina Bintara Desa (Babinsa) Koramil Kecamatan Meureubo, serta personil kepolisian bawah kendali operasi (BKO) Polres Aceh Barat.

External Ralation Manajer PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza, mengatakan sosialisasi dilakukan dengan memberi informasi kepada masyarakat melalui Keuchik pentingnya memiliki kesadaran dalam mencegah kebakaran.

“Kita minta kepada Keuchik nantinya memberitahukan kepada masyarakat, atas ancaman hukuman terhadap pelaku pembakaran hutan” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, kata dia, para kepala desa juga diberikan materi cara-cara penanganannya dan jalur koordinasi serta komunikasi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Azizon menjelaskan, program tersebut dilaksanakan dalam upaya mengantisipasi atas semakin maraknya lahan-lahan masyarakat yang terbakar, khususnya didaerah Meureubo.

“Kita berharap dengan sosialisasi ini muncul kesadaran masyarakat akan bahaya dan dampak negative, serta konsekuensi hukum yang diterima dari tindakan yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata dia.

Sosialisasi tersebut, kata dia, menjadi salah satu kunci sukses program penangan bahaya kebakaran hutan dan lahan. Karena itu, ucapnya, perusahaan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan melaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kerja sama ini dilakukan bersama Pemerintahan Gampong, Mukim, Polisi dan TNI untuk bersama-sama melakukan sosialisasi di 8 Gampong melalui Keuchik,” sebutnya.

Ini Pendidikan Penting Cegah Karlahut.
Sekretaris Kecamatan Meureubo, Anwar, SE, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan penyuluhan terhadap karlahut merupakan pendidikan penting untuk pencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan terutama di Kecamatan Meureuboh.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT Mifa Bersaudara yang mengambil inisiatif untuk melaksanakan program sosialiasi bahayanya Karlahut pada hari ini,” ucapnya.

Ia berharap dengan sosialisasi tersebut, semua pihak makin menyadari bahaya yang bisa timbul sehingga ada upaya sedini mungkin melakukan antisipasi dan pemadaman jika ada kebakaran yang terjadi sehingga tidak meluas dan sulit dikendalikan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri, Sekcam Meureubo, Mukim Rantau Panjang, Syahidin, Babinsa Koramil Meureubo, Nasli dan Hermansyah, BKO Polres Aceh Barat, Azwir, Keuchik Reudeup, Budiman, Keuchik Pucok Reudeup, Keuchik Buloh, Syamsuddin, Keuchik Bukit Jaya, Pujianto dan Keuchik Paunaga Cut Ujong, Mahyuddin.

Sedangkan dari Tim PT Mifa Bersaudara dihadiri, External Relation Superintendent, Tengku Kaddhafi Al Munir, Chief Security, Mursyid Saleh, Senior Advisor Exterrnal Relation, Alfian Ibrahim, PR & Media Relation, Nazaruddin dan Comdev & Relation Wilayah Jalau Hauling dan Pelabuhan, Hermanto.(ADV)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :