Topik Terhangat

Akibat Hujan Deras Nagan Raya Dilanda Banjir

Banjir di Desa Lawabatu, Kecamatan Kuala, kabupaten Nagan Raya.

Banjir di Desa Lawabatu, Kecamatan Kuala, kabupaten Nagan Raya.

NAGAN RAYA| DiliputNews.com- Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Nagan raya sejak Selasa, (23/8/2016) kemarin telah mengakibatkan dua Desa yang berada dikecamatan Kuala dilanda banjir. Adapun dua Desa yang tergenang banjir tersebut yakni Desa Lawabatu dan Pondok Kelapa.

Kepala Desa Lawabatu, Muhammad Arsyad, Rabu, (24/8/2016) mengatakan akibat banjir tersebut selain merendam perumahan warga juga merendam kawasan perkebunan sawit milik warga dua Desa tersebut.

“Kami berharap kepada instansi terkait kiranya dapat memberikan bantuan sembako dan air bersih dikarenakan sumur-sumur warga tergenang air,” ungkapnya.

Banjir yang merendam Desa Lawabatu dan Pondok Kelapa, kata dia, saat ini ketinggiannya hampir mencapai 1 meter atau sepinggang orang dewasa.

Banjir tersebut, ucap Asyad, disebabkan oleh meluapnya air sungai cempaka yang diduga dangkal sehingga tidak mampu menampung debit air hujan.

“Setiap hujan deras dapat dipastikan terjadi banjir. Kami beruntung ada bapak Babinsa dan Babinkamtibmas yang selalu hadir ditengah-tengah warga untuk membantu mengevakuasi banjir,” unkapnya.

Akibat dari banjir tersebut, kata Arsyad, sebanyak 170 warga Desa itu hingga saat ini terisolasi serta perokonomian warga desa itu lumpuh total karena tidak dapat bereaktivitas.

Guna membantu warga dua Desa itu, pihak Komando Rayon Militer (Koramil) 08 Kuala dibawah Komando Distrik Militer (Kodim) 0116 Nagan Raya bersama Polisi Sektor Kuala melakukan evakuasi warga yang terkurung didalam banjir dengan menggunakan peralatan seadanya.
.
Danramil 08 Kuala, Kapten Inf Legianto, menyebutkan untuk membantu menangani warga TNI telah berkoordinasi dengan Dinas BPBD dan Dinas Sosial Nagan Raya serta menyiagakan personel Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mengantisipasi permukaan air jika ketinggian air terus terjadi

“Banjir ini memang sudah terjadi setiap tahunnya warga juga tidak lagi panik, namun kita tetap terus siaga,” ujarnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :