Topik Terhangat

Setelah Dipelihara Satu Tahun Lebih, Wakil Rakyat Kembalikan Orangutan ke Habitatnya

Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, H Kamaruddin menyerahkan satwa Orangutan kepada petugas BKSDA di Meulaboh, Kamis (8/9/2016) sore.

Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, H Kamaruddin menyerahkan satwa Orangutan kepada petugas BKSDA di Meulaboh, Kamis (8/9/2016) sore.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Haji Kamaruddin menyerahkan seekor orangutan yang berusia sekitar 1,4 tahun yang berasal dari Desa Seumayam, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, kepada petugas Orang Utan Information Center (OIC) Sumatera Utara, Kamis (8/9/2016) di kediamannya kawasan Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh.

Orangutan ini sebelumnya dipelihara sekitar 1,4 tahun sejak masih berumur empat bulan oleh wakil ketua DPRK Aceh Barat, Kamaruddin di kediaman rumahnya.

Pemeliharaan satwa yang dilindungi ini sebelumnya sudah dilaporkan ke BKSDA setempat dan beserta izin yang diperoleh, dengan catatan setelah besar nanti akan diserahkan ke pihak terkait.

Pada penyerahan orang utan kepada OIC yang berlangsung sekitar pukul 16.20 Wib, wakil ketua DPRK Aceh Barat, H. Kamaruddin sempat mengeluarkan air mata lantaran hewan lindung yang juga hewan kesayagannya sekaligus teman bermain selama setahun itu harus kembali ke habitatnya.

Menurutnya, orangutan yang diberi nama “Si bren” ini merupakan hewan titipan dari seorang temannya di Nagan Raya.

Pasalnya, ketika sang teman menemukan satwa tersebut pada sebuah gubuk, kondisinya sangat memprihatinkan sehingga satwa ini diserahkan kepada dirinya untuk dirawat.

“Selama saya merawatnya dengan baik, alhamdulillah hewan lindung tersebut sampai kini sehat dan tidak pernah sakit. Karena setiap harinya diberikan vitamin, susu serta makanan yang menyehatkan. Karena sudah besar, pada hari ini saya serahkan kepada OIC untuk di latih, agar terbiasa ketika sudah di lepaskan ke alam bebas yang ada habitatnya,” ujarnya Kamaruddin menahan tangis. (red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :