Topik Terhangat

Usai Dilantik Anggota Panwaslihmcam Diminta Tidak Memihak Kandidat

Ketua Panwaslih Aceh Barat, Safwan Safriadi saat melantik anggota Panwaslihcam Aceh Barat, Sabtu, (24/9/2016) di aulau Setdakab setempat.

Ketua Panwaslih Aceh Barat, Safwan Safriadi saat melantik anggota Panwaslihcam Aceh Barat, Sabtu, (24/9/2016) di aulau Setdakab setempat.

MEULABOH|DiliputNews.com- Sebanyak 36 orang anggota Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwaslihcam) Kabupaten Aceh Barat, Sabtu, (24/9/2016) dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat. Pelantikan yang berlangusng di aula Setariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Aceh Barat, itu langsung dilakukan oleh ketua Panwaslih Kabupaten Setempat yaitu Safwan Sufriadi.

Dalam sambutannya, Safwan berpesan kepada anggota panwaslihcam untuk bekerja sesuai dengan tanggung jawab dalam melakukan pengawasan, sehingga proses pemilihan yang langsung umum bebas dan rahasia (luber) jujur dan adil dapat berjalan seperti yang diharapkan.

“Proses perekrutan juga telah melalui amanah undang- undang nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaran pemilu,” ucapnya.

Anggota panwaslihcam yang dilantik tersebut, kata dia, untuk masing- masing kecamatan terdiri dari tiga orang yang akan melakukan pengawasan atas indikasi tindakan pelanggaran yang dilakukan peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung 2017 mendatang.

Setelah dilantiknya anggota panwaslihcam itu, ucapnya, Panwaslih Kabupaten akan segera melakukan perekrutan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL)yang direncanakan sebanyak 321 orang.

“Dan nantinya juga akan dilakukan perekrutan tim pengawas TPS rencananya sebanyak 430 orang, namun bisa jadi berubah menjadi 418 orang sesuai dengan data yang kita terima dari KIP nantinya,” ucap Safwan.

Sementara itu Bupati Aceh Barat, DR. (H.C) Teuku Alaidinsyah melalui pidatonya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Aceh Barat Rachmat Fitri. HD, meminta agar anggota panwaslihcam bekerja independen, dengan partai politik (parpol) atau bakal calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2017 mendatang.

“Saya yakin saudara-saudara yang dilantik pada hari ini mampu melaksanakan tugas pengawasan pelaksaan pemilukada sesuai dengan mekanisme dan peraturan dan mampu bersikap independen,” kata Rachmad Fitri HD.

Kata dia lagi, tugas yang diemban pihak panitia pengawas kecamatan sangat berat dan memerlukan pengorbanan, butuh dukungan semua pihak untuk mendukung suksesnya kinerja tim pengawas pada pemilukada serentak Provinsi Aceh.

Rachmad menjelaskan, pesta demokrasi pemilukada 2017 hampir memasuki tahap kampanye terbuka, disaat seperti itu peserta pilkada berusaha dengan cara apapun dan tidak menutup kemungkinan melanggar aturan yang ada, dan jika tidak diawasi maka akan menodai serta mengganggu stabilitas keamanan di Aceh Barat.

Terlebih lagi dengan kondisi saat ini yang masih terjadi pro-kontra terhadap regulasi pemilukada menyangkut peraturan dan proses tahapan yang memungkinkan terjadinya pelanggaran-pelanggaran.

“Dalam situasi seperti ini keberadaan panwaslihcam sangat dibutuhkan untuk mengawal dan menjamin terselenggaranya proses tahapan pilkada sesuai dengan aturan undang- undnag yang berlaku secara luber dan jurdil,”jelasnya.

Keberhasilan pilkada ini, ucapnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab panwaslu, karena itu Pemkab Aceh Barat mengharapkan kepada Dinas, tokoh masyarakat dan partai politik untuk ikut mendukung kinerja panitia pengawas.

Rachmad meyakini, panwascam yang telah terseksi tersebut akan mampu mengemban tugas demikian untuk mewujudkan harapan masyarakat menghasilkan calon-calon pemimpin yang bersih, berintegritas tinggi dengan penuh komitmen.

“Mudah-mudahan pilkada berjalan dengan lebih berkualitas dan menghasilkan calon-calon pemimpin yang bersih, memperjuangkan aspirasi masyarakat demi kemakmuran rakyat, bukan kemakmuran pribadi atau golongan,”katanya menambahkan.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat dengan tamu undangan dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) serta Panwaslih Kabupaten Nagan Raya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :