Topik Terhangat

Banjir Sebabkan harga Cabai Di Aceh Barat Melambung

Seorang pembeli, sedang memilih cabai disalah satu kedai di Kompleks Pasar Bina Usaha (KPBU) Meulaboh Aceh Barat

Seorang pembeli, sedang memilih cabai merah disalah satu kedai di Kompleks Pasar Bina Usaha (KPBU) Meulaboh Aceh Barat


MEULABOH|DiliputNews.com- Banjir yang melanda Kabupaten Aceh barat sejak empat hari terakhir telah membuat sejumlah bumbu dapur merangkak naik. Harga cabai merah misalnya, saat ini dilaporkan terjadi lonjakan sebesar Rp. 5.000 per kilogramnya, dan tomat terjadi lonjakan sebesar Rp.2.000 per kilogramnya.

Iyan, (26) salah seorang pedagang cabai di Komplek Pasar Bina Usaha (KPBU) Meulaboh,mengatakan hampir sepekan terakhir ini harga cabai dipasaran dijual seharga Rp.80.000 per kilogramnya dari sebelumnya Rp. 75.000 per kilogramnya.

“Sebelumnya kita jual 70 ribu hingga 75 ribu per kilogramnya, kali ini terpaksa kita jual 80 ribu per kilogramnya, karena kurangnya pasokan,” kata Iyan, Jumat, (21/10/2016).

Iyan menambahkan, sejak terjadinya banjir hampir sepekan terakhir mereka terpaksa memasok cabai dari provinsi Sumatera Utara, lantaran petani cabai di Kabupaten tersebut belum bisa menanam cabai mereka lantaran sebagian kebun petani terendam banjir.

Dikatakannya, mahalnya harga cabai yang dijual juga disebabkan oleh mahalnya harga tebus cabai yang dipasok dari Sumatera Utara.

Untuk jenis bumbu dapur lainnya, kata dia, saat ini seperti harga tomat terpaksa dijual seharga Rp.8.000 per kilogramnya dari sebelumnya dijual seharga Rp.6.000 per kilo kilogramnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :