Topik Terhangat

Pembangunan Rumah Sakit Regional Meulaboh Dimulai Tahun Ini

Gambar miniatur Rumah Sakit Regional Cut Nyak Dhien Meulaboh (Foto: Istimewa)


MEULABOH | DiliputNews.com – Guna mempercepat proses pembangunan rumah sakit regional Cut Nyak Dhien Meulaboh, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, hari ini mulai melakukan tender untuk pembangunan rumah sakit regional tersebut. Rumah sakit itu sendiri dibangun dikawasan Ujong Beurasok, Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan tersebut dilakukan pada hari ini.

“Kabar terhadap lelang rumah sakit regional untuk pantai barat selatan Aceh yang dilakukan hari ini langsung disampaikan pak Hanif kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh kepada kita kemarin saat beliau turun kelokasi rencana pembangunan rumah sakit kemarin,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Barat, Teuku Ahmad Dadek.

Adapun nilai tender yang dilakukan pada tahun ini, kata dia, sebesar 30 miliar rupiah yang dialokasikan untuk pembangunan empat gedung terlebih dahulu dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Aceh (APBA) dan untuk tahun depan baru mendapat alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negera (APBN).

Pembangunan rumah sakit rujukan bagi kawasan pantai barat selatan Aceh itu sendiri, sebutnya menghabisakan anggaran secara keseluruhan sebesar 300 miliar rupiah dengan jangka waktu selama lima tahun.

Dadek mengatakan dalam pertemuan kemarin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh itu meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera menyiapkan lahan untuk pelebaran jalan serta lahan untuk jalur pipa khusus milik Perusahaan Daeraha Air Minum (PDAM) untuk pasokan air ke rumah sakit itu.

“Nanti rumah sakit ini akan menampung sebanyak 500 ranjang, serta dilengkapi fasilitas heliped yang berfungsi untuk pendaratan helikopter serta sarana dan prasarana lainnya,”ungkap Dadek.

Adanya pembangunan rumah sakit yang berada sekitar empat kilometer dari pusat Kota Meulaboh itu akan ada pusat pertumbuhan ekonomi baru di Aceh Barat, karena akan hadir warung atau restoran, apotik serta jasa penginapan lainnya.

Bukan hanya itu lokasi lahan pembangunan rumah sakit itu, dilihat dari struktur tanahnya juga sangat baik sehingga tanpa menggunakan tiang pancang pun kontruksinya bisa kokoh. Untuk memulai pembangunannya, sebut Dadek, Pemkab setempat telah melakukan pembersihan lahan.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :