Topik Terhangat

Kodim 0105 Aceh Barat Mulai Besihkan Material Longsor di Jalan Lintas Geumpang- Tutut

Personil TNI dari Koramil 01 Sungai MAs saat membantu mengevakuasi kendaraan roda dua milik warga yang melintasi di jalan Provinsi Tutut- Geumpang tepat di Desa Tungkop atau tepat dikawsan Gunong Aneuk Manyak.

MEULABOH | DiliputNews.com – Anggota TNI dari Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 01 Sungai Mas dibantu warga Desa Tungkop mulai membersihkan Jalan provinsi Tutut – Geumpang yang menghubungkan kabupaten Aceh Barat dan Pidie yang berada tepat di Gampong Tungkop.

Pemersihan material longsor itu dilakukan sejak, Rabu, (1/3/2017) dengan menggunakan peralatan seadanya seperti cangkul dan skop serta peralatan sederhana lainnya.

“Badan jalan Tutut- Geumpang yang tertimbun longsor itu terdapat didua titik, yakni kilometer 82 dan 84. Pembersihan material longsor ini kita lakukan dengan peralatan seadanya seperti cangkul, skop, parang dan mesin sinso untuk memotong pohon yang tumbang dibadan jalan,” kata Komandan Koramil 01 Sungai Mas, Kapten Inf Mazwar, kepada wartawan.

Badan jalan yang terpara tertimbun longsor, kata dia, terjadi pada titik kimoter 84 arah Meulaboh, di kilometer itu sebutnya timbunan material longsor yang menutupi badan jalan dengan panjang hingga 60 kilomter dan ketinggian material sangat variatif mulai dari 10 centimeter hingga 6 meter.

Untuk kilometer 84, sebut Mazwar, dibutuhkan alat berat untuk membersihkan material tersebut jika menggunakan peralatan seadanya jika tidak maka akan sulit bersih dengan material yang menutupi badan jalan lintas itu.

Untuk kilomoter 82, kata dia, mampu dibersihkan oleh personil TNI lantaran material longsor yang menutupi badan jalan tidak terlalu parah dengan ketinggian timbunan material 10 centimeter hingga 3 meter dengan panjang hanya 15 meter.

“Dalam kegiatan ini kita libatkan 18 personel dan dibantu oleh warga sekitar. Untuk kilometer 84 kita menyiagakan personil yang membantu warga yang nekat melintas menggunakan roda dua ke Pidie,” ungkapnya.

Akibat dari longsoran badan jalan itu, kata dia, sudah empat hari terakhir masyarakat tidak bisa melintasi jalan itu, dan aktivitas dijalan Tutut- Geumpang mati total.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :