Topik Terhangat

Mifa Ikut Partisipasi Ajang K3 Award Pertambangan

Inspektur Tambang Wulan Handayani bersama stafnya Abdul Aziz, dari Direktorat Jendral Tekhnik Dan Lingkungan Mineral Dan Batubara, Kementrian ESDM meninjau lokasi kawasan tambang PT Mifa Bersaudara, dalam rangka verifikasi kegiatan penganugrahan K3 Award Pertambangan


MEULABOH | DiliputNews.com – Perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Aceh Barat, PT Mifa Bersaudara terus berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan impiannya untuk menjadi perusahaan yang terus menciptakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bagi karyawan di perusahaan tersebut.

Untuk mengukur kemampuan itu perusahaan tersebut terus melibatkan diri ikut serta dalam ajang K3 Award pertambangan, yang digelar oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahkan ditahun 2017 ini perusahaan tambang itu optimis mampu meraih anugrah K3 Award Pertambangan.

Media Relation dan Land Acquisition Manager, Azizon Nurza, mewakili site Operation Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Adi Risfandi mengatakan tahun 2017 ini merupakan kali kedua bagi perusahaan itu ikut K3 Award.

“ini dimaksudkan untuk mengukur diri sejauh mana aturan-aturan yang diberlakukan oleh pemerintah dapat dijalankan dan diterapkan di lingkungan kerja usaha pertambangan,” kata Azizon, Sabtu, (12/8).

Dengan adanya kegiatan ini, kata dia, akan menjadi tolak ukur bagi perusahann untuk memperbaiki dan berbenah kearah yang lebih baik, sehingga apa yang disyaratkan oleh pemerintah dibidang kesehatan dan keselamatan kerja benar-benar terjamin bagi karyawan perusahaan.

Beberapa upaya mencegah kecelakaan kerja dan lingkungan hidup yang dilakukan perusahaan itu, kata dia, yaitu dengan membentuk Struktur Kesehatan dan Keselamatan serta Lingkungan Hidup (K3LH) bahkan menyusun Kebijakan Sistem Managemen Terintegrasi PT Mifa Bersaudara yang dikenal dengan MIFA Integrated Managemen System ((MIMM).

“MIMM sendiri meliputi managemen mutu, kesehatan, keselamatan kerja (K3) pertambangan, Lingkungan Hidup, Keselamatan Operasi (KO) Pertambangan, Keamanan,” rincinya.

Selain itu, sebutnya, perusahaan juga melaksanakan tanggung jawab sosial secara berkelanjutan dalam seluruh tahapan kegiatan operasi penambangan untuk kepuasan pelanggan, mengendalikan resiko dan dampak dari kegiatan penambangan dan pendukungnya.

Disadari atau tidak, ucapnya, tahun ini merupakan tantangan bagi perseroan dalam mengoptimalkan produksi batubara dengan pengendalian dan upaya meminimalisir kecelakaan kerja.

“Manajemen PT Mifa Bersaudara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap karyawan, mitra kerja, dan Sub-Kontraktor atas support dan partisipasi dalam mempersiapkan dan menjadi bagian pada persiapan ajang K3 Award ini,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap tahun Dirjen Minerba memberikan penghargaan Bidang Pengelolaan Lingkungan Pertambangan (Mine Environmental Award) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan (K3, Mine Safety Award).

Penghargaan yang diberikan tersebut, kata dia, merupakan acara tahunan yang menjadi salah satu kegiatan pengawasan sekaligus penghargaan dari pemerintah kepada perusahaan yang telah melaksanakan usaha-usaha penyelamatan manusia dan peralatan serta menjaga lingkungan pertambangan.

“Penghargaan ini juga wujud apresiasi terhadap komitmen perusahaan untuk mengimplementasikan best mining practices dalam setiap tahapan kegiatan,” katanya.

Azizon menyebutkan, pengelolaan lingkungan dan keselamatan kerja yang komprehensif sejak awal kegiatan eksplorasi hingga pasca penambangan, uga merupakan bukti kepedulian terhadap kelestarian alam sekitar serta keamanan kerja karyawan di seluruh daerah operasi Perusahaan.

Azizon juga mengatakan, dalam ajang K3 Award perusahaan tersebut telah dikunjungi oleh Direktorat Jendral Tekhnik Dan Lingkungan Mineral Dan Batubara, Kementrian ESDM yang diwakili Inspektur Tambang, Wulan Handayani bersama stafnya, Abdul Aziz.

Adapun wilayah operasi perusahaan yang dilakukuan penilaian adalah wilayah tambang, port area, jalan hauling, perkantoran, workshop, kantin, klinik, lokasi nursery, dan berbagai saran pendukung K3 yang semuanya telah tersedia.(ADV)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :