Topik Terhangat

Harga Jual Semen Meningkat


DiliputNews.com. Meulaboh – Keterbatasan pasokan semen membuat harga jual semen jenis Portland Pozzolan Cement (PPC) isi 40 kilogram di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengalami kenaikan dari harga Rp53.000/zak menjadi Rp60.000/zak.

Hal ini di utarakan oleh Jauhari, pedagang toko bangunan di Jalan Meulaboh-Geumpang, Jumat, mengatakan sudah dua pekan mereka sudah sulit mendapatkan pasokan semen dari distributor, sebelum semen tiba banyak masyarakat yang sudah memesan sehingga begitu sampai langsung habis.

“Barangnya sudah kami pesan tapi belum sampai, selama ini banyak masyarakat juga memesan semen, kalau barangnya datang pasti langsung habis dan yang kami jual khusus untuk ukuran zak 40 kilogram, seperti Andalas dan Padang,” ucapnya.

Akibat terjadi kendala pasokan semen tersebut, sudah banyak masyarakat yang membeli dengan bentuk pesanan, walaupun barang yang masyarakat pesan itu untuk kebutuhan 10-20 zak, sehingga saat semen datang beberapa waktu lalu langsung kehabisan stok.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Aceh Barat, Said Fauzi, mengatakan, di wilayah setempat tidak ada pabrik semen ataupun distributor yang menyuplai pasokan semen secara langsung dari perusahaan di luar daerah.

Ia menyampaikan, hasil pemantauan dan pendataan pihaknya di lapangan, kondisi tersebut benar adanya, harga semen jenis PPC ukuran berat 40 kilogram mengalami kenaikan untuk enceran, dari harga Rp57.000/zak naik Rp60.000/zak dalam pekan ini. Sabtu, 19/08/2017

Pantauan dilapangan, hal yang menyebabkan kelangkaan dan terjadi kenaikan harga semen PPC karena lambatnya distribusi ke daerah setempat.

“Persisnya kami tidak tahu, namun para pedagang mengaku mobil pengangkut material itu terkendala akses jalan,” ujar said fauzi.

Ia melanjutkan, kenaikan harga semen terus terjadi dalam pekan ini secara berangsur, pada pekan ke-II yakni pada Senin lalu, harga semen PPC seharga Rp56.000/zak hingga Rp59.000/zak untuk pembelian borongan.
Pada pekan ke III atau pada Kamis lalu , semen terus menunjukkan fluktuasi harga hingga Rp60.000/zak, sesuai dengan data yang dirilis dalam laporan perkembangan harga bahan pokok penting dan strategis di Kabupaen Aceh Barat.
Said Fauzi menegaskan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi, apalagi menurunkan harga barang jenis semen, pemda tingkat II hanya melakukan pengawasan dan melaporkan apabila mendapati harga jual barang yang naik.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :