Topik Terhangat

Di Aceh Barat Bumbu Dapur Mengalami Kenaikan Harga

DiliputNews.com, Meulaboh – Sejumlah bahan kebutuhan bumbu dapur di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat mengalami kenaikan harga karena sedikitnya barang tersebut yang masuk ke pasar setempat.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat, Said Fauzi, kepada wartawan mengatakan kenaikan tersebut tidak hanya terjadi pada jenis bumbu dapur, melainkan terhadap kebutuhan pokok lainnya seperti kacang kedelai dan ayam potong.

“Naiknya sejumlah bahan kebutuhan ini pengaruh dari dampak cuaca buruk sehingga berpotensi terjadi kenaikan, karena para petani tersendat akan memanenkan hasilnya dan mengakibatkan pasokan ke pasar jadi sedikit akibat hambatan tersebut” Ujarnya. Senin, 21/08/2017

Ia melanjutkan, kebutuhan pokok lainnya yang ikut naik yaitu cabai merah dari Rp24.000 menjadi Rp30.000/kg, cabai rawit Rp 24.000 menjadi Rp 26.000/kg, sedangkan tomat dari Rp 11.000 menjadi Rp12.000/kg, Sementara itu kacang kedelai Rp 8000/kg menjadi Rp 10.000/kg.

“Bumbu dapur Jenis tomat ini yang mengalami kenaikan tajam, karena sudah tembus hingga Rp 12.000/kg. Biasanya hanya sekitar Rp 6000-7000/kg. Sementara sejumlah kebutuhan lainnya hingga sekarang ini masih dalam masa stabil,”terangnya.

Menjelang memasuki hari Meugang Idul Adha 1438 H, belum dapat dipastikan di pasar bina usaha Meulaboh apakah akan terjadi kenaikan ataupun tidak, karena pengaruh naiknya suatu barang seperti bumbu dapur ini disebabkan oleh cuaca buruk.

“Bila cuacanya stabil, maka tidak terjadi kenaikan harganya. Kalau cuaca buruk berpengaruh terhadap harga jual kebutuhan pokok, karena dengan begitu bisa menimbulkan kegagalan panen terhadap para petani dan tersendat pasokan ke pasar,” Lanjut Said

Sejauh ini kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar bina usaha meulaboh tidak membuat daya beli masyarakat menurun.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :