Topik Terhangat

Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Meningkat

DiliputNews.com, Meulaboh – Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanankesehatan masyarakat. Program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan.

Secara nasional jumlah masyarakat jumlah masyarakat yang telah mengikuti program JKN-JIS mencapai 180 juta jiwa dari total 261,1 juta di tahun 2017.

Komitmen pemerintah dalam keberlansungan program JKN JIS terwujud penyediaan APBN dalam bentuk iuran bagi 92,4 juta jiwa peserta penerima iuran (PBI) dan pemenuhan ketersediaan fasilitas kesehatan.

Pencapaian kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Meulaboh yang mencankup empat kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Ray, Aceh Barat Daya (Abdya) dan Seumeulu juga terus mengalami peningkatan.

Sampai dengan 30 juni 2017 jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh mencapai 696.888 jiwa termasuk didalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan rogram JKN-KIS oleh pemerintah provinsi Aceh melalu program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA).

Adapun jumlah peserta yang telah tercatat dalam program JKN-KIS dalam cakupan wilayah kantor cabang meulaboh yaitu kabupaten Aceh Barat sebanyak 88.778 jiwa, Aceh jaya 39.084 jiwa, kabupaten Nagan Raya sebanyak 54.003 jiwa, Abdya 43.545 jiwa dan kabupaten siumelu sebanyak 26.750 jiwa.

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi meningkatnya jumlah fasilitas kesehatan, BPJS kesehatan kantor cabang meulaboh telahtelah bermitra dengan 88 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yang terdiri dari 62 Puskesmas, 5 Dokter Pratik Perorangan dan 21 Klinik Pratama.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Dr. Aldiana mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan segala pihak yang terlibat atas komitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS.

“kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan segala unsur terhadap komitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS , selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta peluasan akses pelayanan melalui pentyediaan fasilitas kesehatan, kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah juga semakin di optimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, bersama sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepersetaan JKN-KIS” terang Dr. Aldiana

Selain itu, dalam rangka menigkatkan mutu pelayanan serta memercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk memenuhi target tersebut.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :