Topik Terhangat

Pasukan Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan

Anggota TNI Polri sedang melakukan penyiraman pada titik api.

DIliputNews.com, Meulaboh – Lahan gambut kembali terbakar di Aceh Barat, kebakaran tersebut terjadi di beberapa titik di kabupaten setempat.

Pasukan gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) nelakukan upaya pemadaman secara manual memakai alat seadanya. Kamis, 24/08/2017.

Baca : Lahan Gambut Kembali Terbakar Di Aceh Barat

Adapun titik api berada jauh dari lokasi pemukiman warga yaitu di desa Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan dan Simpang Kecamatan Kaway XVI.

Kapten Infantri Sudarsono Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0105/Aceh Barat mengatakan pemedaman dilakukan mengunakan dua jenis pompa air.

“Upaya yang kita lakukan hari ini bersama Polri dan BPBD yaitu memadamkan api dengan menggunakan dua mesin pompa air kita dari kodim juga ikut membantu pemadaman selama tiga hari” katanya saat dilokasi kebakaran lahan gambut.

Ia menambahkan api yang muncul merupakan sisa dari lahan yang terbakar beberapa pekan lalu, hal serupa ini terjadi kembali karena kemarau berkelabjutan serta tidak ada hujan.

“Ini sisa api yang terjadi beberapa minggu lalu di akibat kemarau dan tidak turunnya hujan” katanya.

“Untuk mencapai lahan sangat susah, karena tanahnya gambut jadi kita harus berhati hati dalam melangkah, rawan menuju lahan tersebut” tambahnya melanjutkan.

Sampai saat ini proses pemadaman berlansung dengan baik di titik api yang dapat di jangkau oleh piah petugas.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :