Topik Terhangat

Arnold Bennett dan Omelet Yang Kaya Sejarah

Foto @ google


DiliputNews.com, Kuliner – Di masanya, penulis Arnold Bennett adalah sosok yang sangat populer. Orang Inggris akan menyebut penulis yang lahir di tahun 1867 itu sebagai JK Rowling di eranya.

Sebagai penulis Bennett memiliki tempat favorit untuk menuangkan isi kepalanya sebagai buku atau novel. Salah satu tempat itu adalah Hotel Savoy di sisi Northbank Sungai Thames, London, Inggris.

Executive Sous Chef Hotel Savoy London, Chef Francisco Hernandez, menceritakan Bennett pernah menginap cukup lama di Savoy untuk menyelesaikan bukunya. Selama menginap di sana, Bennett memesan omelet yang sesuai seleranya sebagai santapan. Saking seringnya Bennett memesan telur itu, pihak hotel pun akhirnya menyebut omelet resep Bennett sebagai Arnold Bennett Omelette dan menjadikan menu tetap hotel.

“Menu ini ada sejak 1920,” terang Francisco, ketika ditemui Hotel Fairmont Jakarta, dalam rangka promosi kuliner Savoy London di Jakarta. Ia menjelaskan, omelet ini sesungguhnya merupakan omelet gaya terbuka dengan tambahan saus Hollandaise, keju gruyere, dan ikan haddock asap.

Omelet ala Bennett juga tidak membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Cukup kocok telur, lalu tuang ke wajan dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu angkat, beri tambahan saus hollandaise, dan keju. Suapan lembut omelet dan gurihnya gruyere serta manisnya lobster akan memberi pengalaman kuliner yang menarik di lidah.

Menu ini akan tersedia di Fairmont Jakarta selama promosi kuliner Hotel Savoy London yang berlangsung sejak hari kamis, hingga Ahad 27/08/2017. Bedanya, di Jakarta omelet ditambahkan dengan daging lobster lokal bukan ikan haddock.

Omelet Arnold Bennett disebut Francisco sebenarnya juga tersedia di sejumlah restoran lain. “Karena setiap Arnold pergi dia membawa resep omelet kreasinya itu dan meminta restoran memasaknya untuk dia,” ujarnya.

Namun, adalah di Savoy London tempat omelet ini pertama kali dimasak. Dan, hingga kini omelet tersebut masih tersedia di menunya sejak 1920.

Francisco bercerita masih ada sejumlah masakan Savoy London yang juga digemari orang terkenal. Hotel yang dibuka sejak 1889 itu juga disukai mantan perdana menteri Inggris, Winston Churchill, sebagai tempat makan siangnya. Menu yang disukai Churchill adalah beef wellington.

Di masa kini, Francisco menyebut selebritas Arnold Schwarzenegger pernah datang untuk makan dan memesan delapan telur sekaligus di omeletnya. “Savoy adalah hotel dengan sejarah panjang. Menu prawn cocktail kami yang sudah ada dari 1960, dulu paling digemari seleb,” katanya.

Berbagai pengalaman kuliner ditawarkan Fairmont Jakarta dan Savoy London selama masa promosi. Diantaranya, mencicipi hidangan afternoon tea ala Inggris, hingga makan malam, dan sarapan bergaya brunch. (Rpk)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :