Topik Terhangat

Hidup Sehat Dengan Clean Eating

Ilustrasi @google

DilipuNews.com, Kesehatan – Clean eating atau clean diet merupakan salah satu gaya hidup dengan menjaga pola makan yang sehat. Beberpa ahli gizi berpendapat kalao clean eating merupakan gerakan untuk gaya hidup yang lebih sehat, bukan hanya program diet semata. Gagasannya adalah konsumsi makanan sehat dan alami sebanyak mungkin, atau memastikan bahwa bahan-bahan makanan yang dikonsumsi masih segar.

Metode clean eating ini merupakan salah satu cara ampuh untuk memulai gaya hidup sehat dengan mencari makanan seperti sayuran, daging, susu yang masih segar dan terjaga kualitasnya. Tentunya program clean eating ini menjauhkan kita dari makan-makanan olahan yang hampir semuanya berisiko pada kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.

Kamu tertarik ingin menerapkan merode clean eating di keseharianmu? Tapi gak tahu bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

Makan makanan utuh

Prinsip yang paling dijunjung tinggi dalam clean eating adalah memilih dan memakan makanan sealami mungkin. Misalnya saja, pilihlah buah mangga ketimbang jus mangga.

Untuk diet ini, sebaiknya hindari daging baik daging merah ataupun daging putih. Sejumlah penelitian menunjukkan, diet tinggi serat dengan mengonsumsi sumber makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyebab penyakit kronis yang mematikan, seperti jantung dan diabetes, sekaligus membantu mengatur berat badanmu.

Belilah produk lokal

Membeli produk lokal sangat disarankan dalam clean eating. Makanan impor biasanya sudah tidak fresh dan banyak yang diawetkan. Lamanya masa pengangkutan makanan di dalam truk dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi yang dikandung sumber makanan itu, seperti vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan jadi berkurang.

Sebuah studi menemukan fakta, setelah empat minggu tingkat vitamin C dalam jus jeruk akan menguap sebanyak 27-65 mg/c (miligram per cangkir), menjadi hanya 0-25 mg/c, dan peneliti percaya hal yang sama berlaku untuk seluruh buah-buahan dan sayuran. Dengan membeli makanan lokal, akan menjaminmu selalu mendapatkan sumber makanan yang cenderung lebih segar.

Teliti sebelum membeli

Setiap membeli makanan dan minuman, cek selalu label kemasan. Jangan pernah segan dan malas untuk membaca informasi yang ada di kemasannya. Kamu harus membaca kandungan nmutrisi yang tertera di dalam kemasan, dan memastikan kalau makanan yang kamu konsumsi dibuat dari bahan-bahan alami bukan bahan kimia.

Kuasai dapurmu

Jika kamu banyak mengonsumsi makanan sehat, pengeluaran untuk dapur dijamin lebih hemat dari sebelumnya. Jika kamu lebih memilih makan makanan di luar, kamu akan lebih banyak mengeluarkan biaya. selain itu jumlah kalori yang masuk melalui makanan juga jadi tidak terkontrol. Ada banyak beragam pilihan bahan makanan sehat. Dengan menambah pengetahuan lebih soal gizi, kamu akan lebih mudah menemukan sumber makanan sehat dan alami yang tepat dan yang kamu sukai rasanya.

Selain itu, kamu juga bisa memasak dengan bahan makanan yang sesegar mungkin, apalagi jika kamu memasak menggunakan daging dan ikan. Sebisa mungkin jangan terlalu lama menyimpan makanan, terutama sayuran. Karena nutrisinya akan berkurang dan menjadi layu (tidak segar). Itulah langkah yang harus kamu pahami ketika kamu ingin merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan clean eating.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :