Topik Terhangat

Aceh Barat Punya Desa Sadar Jaminan Sosial

DiliputNews.com, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melauching desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan tahun 2017, di daerah setempat, desa yang mendapat kepercayaan sebagai salah satu percontohan tersebut, yaitu Desa Leukeuh, Kecamatan Samatiga padan Senin lalu.

Bupati Aceh Barat , HT Alaidinsyah dalam pidatonya, mengatakan pemerintah kabupaten setempat sangat mendukung penerapan program seperti ini, karena dinyakini bisa menjadi sebuah motivasi dan semangat baru untuk masyarakat, khususnya mereka yang berada di bumi teuku umar itu. Selasa, 29/08/2017

Menurutnya, program ini perlu di sosialisasi, mengingat kurangnya pemahaman masyarakat mengenai BPJS ketenagakerjaan. Apalagi kebanyakan dari mereka menganggap peserta jaminan tersebut hanya merupakan dari kalangan pekerja formal.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Undang-Undang (UU) No 24 tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang ditujuk oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja formal dan pekerja non formal.

“Karena itu, sesuai dengan penjelasan tersebut, maka launching desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan sangat perlu di sosialisasikan, agar lebih memahami betapa pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan dalam melakukan kegiatan sehari-hari,”katanya.

Dijelaskan Alaidinsyah, program BPJS Ketenagakerjaan ini lebih difokuskan pada sektor pedesaan dikarenakan, sekitar 60 persen arga Indonesia secara administrative merupakan penduduk desa. apalagi, resiko kecelakaan kerja warga gampong juga tinggi karena sangat tergantung dengan lingkungan alamnya.

“Karena itu, warga gampong sangat memerlukan jaminan sosial ketenagakerjaan, apalagi hal ini sesuai dengan nawa cita presiden Joko Widodo pada poin 3, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara dan kesatuan,” tutupnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :