Topik Terhangat

Calon Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

Ilustrasi @google


DILIPUTNews.com, Banda Aceh – Dua calon haji asal Aceh meninggal sebelum puncak haji dan pemerintah akan membadalkan atau menggantikan ibadah hajinya.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Selasa, mengaku, hingga kini sudah dua jamaah dari Aceh meninggal di Tanah Suci. Rabu, 30/08/2017

“Nurhayati meninggal di Rumah Sakit Faisal Makkah, Arab Saudi, Sabtu lalu pukul 04.35 WAS atau sekitar pukul 08.00 WIB, dan almarhumah dimakamkan di Syara’i Mekah,” katanya.

Almarhumah berasal dari Banda Aceh pemegang paspor bernomor B6534131 ini meninggal dunia akibat didiagnosis menderita penyakit chronic renal failure atau gagal ginjal.

Ditambah lagi dengan nomor manifest 201 itu, miliki riwayat penyakit diabetes mellitus/DM atau gula dengan tipe dua, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sekitar enam jam sebelumnya di hari yang sama, lanjut Rusli, telah meninggal calon haji Aceh berasal dari Kabupaten Pidie bernama Muslimah binti Haji Ismail Yusuf (58) dengan nomor manifes 207.

“JCH asal Pidie ini meninggal, tepatnya satu jam sebelum pesawat mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah,” katanya.

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah PPIH Arab Saudi, Endang Jumali akhir pekan lalu menyebut, setiap JCH yang meninggal baik di embarkasi atau Tanah Suci sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah akan dibadalhajikan.

Bahkan, lanjutnya, tidak hanya yang meninggal. Tetapi JCH yang sakit parah dan menurut medis tidak diharapkan kesembuhan karena bergantung dengan pada alat dan mengalami gangguan jiwa juga akan dibadalhajikan.

Hingga Ahad (27/8) tercatat 151 jamaah yang akan dibadalhajikan, terdiri dari badal wafat dan badal hidup. Badal wafat terdiri 15 jamaah wafat di embarkasi di Tanah Air dan 109 orang wafat di Arab Saudi.

Badal hidup terdiri tiga jemaah dirawat di Rumah Sakit Jeddah, tujuh jamaah di Rumah Sakit Madinah dan 17 di  Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Mekah.

Jumlah jamaah Indonesia itu bisa berubah sesuai data yang diperbaharui JCH meninggal, sampai menjelang puncak haji yakni wukuf di Arafah, katanya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :