Topik Terhangat

Ratusan Massa Di Meulaboh Unjuk Rasa Desak Pemberhentian Kejahatan Kemanusiaan

Penampilan drama teaterikal dalam aksi unjuk rasa yang digelar pada Kamis 07/09/2017

DILIPUTNews.com, Meulaboh – Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Pemuda Aceh Peduli Rohingya (GEMPAR) mengelar aksi solidaritas di persimpangan tugu pelor meulaboh kabupaten Aceh Barat.

Unjuk rasa tersebut dilakukan guna mengalang seluruh elemen agar menyuarakan ke dunia internasional agar lebih proaktif terhadap kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Myanmar. Kamis, 07/09/2017.

Massa juga menuntut Pemerintah Myanmar agar tidak melakukan diskriminasi terhadap muslim Rohingya yang menetap di Negara bagian Rakhine itu.

Aidil Firmansyah Koordinator aksi mengatakan mengutuk keras terkait tindakan yang dilakukan oleh pihak militer Myanmar terhadap etnis rohingya

“Kita mengutuk terhadap pelanggaran HAM dan kejahatan kemanusiaan yang telah menimpa etnis rohingya di negara myanmar” kata Aidil.

Ia juga mendesak agar negara internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar lebih proaktif mengambil tindakan terhadap kejahatan kemanusiaan yang terjadi dan segera mengambil tindakan tegas serta menangkap pelaku kejahatan di negara itu dan diseret kepengadilan HAM Internasional.

“Kita juga meminta agar nobel perdamaian yang diterima oleh Pemimpin De Facto Myanmar Aung San Suu Kyi dicabut,” ungkapnya.

Dalam aksi tersebut juga ikut ditampilkan musikal puisi dan drama teaterikal yang mengambarkan bagaimana kondisi kejaahatan kemanusiaan yang terjadi di myanmar.

Dirinya menegaskan unjuk tersebut merupakan aksi damai tanpa ada sedikitpun menyinggung perbedaan agama mapun etnis. Aksi damai yang dilakukn itu juga bagian untuk menunjukkan di mata Internasional jika bangsa Indonesia cinta damai dan menghargai setiap perbedaaan suku bangsa dan agama. (*)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :