Topik Terhangat

Sejuta Manfaat Apel


DILIPUTNews.com, Meulaboh – Buah Apel merupakan jenis buah klimaterik, yaitu apel akan mengalami proses pematangan setelah dipanen. Daging maupun kulit buah apel mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat terhadap kesehatan.

Kandungan gizi apel di antaranya adalah air, energi, karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, natrium, kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, dan masih banyak lagi.

Desty Ervina Puspaningtyas dalam bukunya The Miracle of Fruits Melihat banyaknya kandungan gizi, sudah pasti apel mempunyai banyak manfaat kesehatan. Apel mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan LDL yang berisiko pada penyumbatan pembuluh darah.

Pada saat bersamaan, flavonoid juga meningkatkan HDL yang bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Secara lebih rinci, flavonoid dalam apel diyakini mampu mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah.

Apel termasuk buah yang kaya karoten. Senyawa karoten dalam apel berperan penting sebagai pencegah berbagai macam penyakit. Karoten memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit kanker dan diabetes.

Dengan demikian, mengonsumsi apel berarti menjaga tubuh Anda tetap sehat, dan melindunginya dari berbagai penyakit yang merusak tubuh dan otak.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh dan diet merupakan salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Saking populernya bahan apel juga dijadikan cuka, produk ini laris manis karena manfaat cuka apel juga sangat ampuh untuk hipertensi dan penyakit genting lainnya. (Red/Rm)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :