Topik Terhangat

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kamu Yang Ingin Diet


DILIPUTNews.com, Meulaboh – Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam diet, bahkan program diet yang tergolong ekstrim.

Mengenai pemilihan cara program diet tetap harus mengutamakan kesehatan dan ketahanan daya imun tubuh. Salah satu cara diet yang aman namun tetap memberikan pengaruh yang signifikan adalah melakukan diet dengan mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing adalah salah satu buah di wilayah tropis yang memiliki warna kuning terang dan berbentuk seperti bintang. Buah ini sudah sangat familiar bagi orang Indonesia, namun hanya sebagian yang mengetahui tentang kandungan nutrisi dan manfaat belimbing.

Kandungan nutrisi dan mineral yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing antara lain adalah serat, tannin, pektin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, kalium, selenium, kalsium, mangan dan vitamin A, C, dan E. Buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam ini juga memiliki pengaruh besar mensukseskan program diet anda. Beberapa fakta dan manfaat buah belimbing untuk diet antara lain:

1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
Tahukah anda bahwa didalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan kolestrol baik. Kolesterol baik adalah kolesterol yang dapat berubah menjadi energi dalam tubuh, sedangkan kolesterol jahat cenderung menumpuk dalam tubuh dan tidak dapat terbakar menjadi energi tubuh. Kolesterol jahat yang kian menumpuk dan dapat menyebabkan peningkatan berat badan ini ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing yang mengandung pektin mampu mengikat kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Baca juga: Manfaat Belimbing Untuk Hipertensi

2. Memiliki Zat Antioksidan
Zat antioksidan dalam tubuh berfungsi sebagai filter atau penangkal racun. Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah belimbing mampu menjaga sistem metabolisme anda tetap berjalan dengan baik. Sistem metabolisme yang lancar membantu pembakaran kolesterol dan kalori menjadi semakin baik, sehingga menurunkan kemungkinan penumpukan kalori dan kolesterol dalam tubuh. Manfaat zat antioksidan juga bisa anda dapat dari: Air Kelapa, Lidah Buaya, Wortel

3. Kaya Vitamin C
Buah belimbing yang kaya akan vitamin C membantu pula dalam pembakaran kalori menjadi energi, sehingga meningkatkan manfaat buah belimbing untuk diet. Kadar vitamin C sebesar 22,7 mg di buah belimbing juga memiliki banyak manfaat selain menurunkan berat badan. Baca juga: Manfaat vitamin C Untuk Kulit, Manfaat Vitamin C.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kondisi pencernaan yang tidak baik membuat asupan makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna sepenuhnya oleh tubuh. Penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dan tidak terbuang akan membuat perut terasa begah dan memicu kenaikan berat badan. Dengan pencernaan yang lancar, mineral dan nutrisi dari makanan pun juga dapat diserap dan digunakan dengan baik oleh sistem metabolisme tubuh. Belimbing yang kaya akan vitamin C bermanfaat untuk menjaga kondisi lambung dan melancarkan saluran pencernaan. Baca juga: Manfaat Daun Belimbing untuk Kesehatan.

5. Rendah Kalori
Buah belimbing dipastikan tidak akan membuat masalah dengan berat badan anda, karena Belimbing adalah buah yang memiliki kadar kalori yang rendah, yaitu hanya 21 kalori. Bayangkan saja, selain memiliki kandungan nutrisi yang banyak ternyata juga memiliki kadar kalori yang rendah. Buah belimbing memang cocok anda jadikan menu untuk program diet anda. Baca juga: Manfaat Yakult Untuk Diet.

6. Memiliki Kandungan Serat Tinggi
Dengan mengkonsumsi buah belimbing, anda akan merasa cepat kenyang dan tidak mudah tergiur oleh makanan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi didalam Belimbing. Serat selain berfungsi untuk mengenyangkan, serat juga berpengaruh besar dalam kelancaran sistem pencernaan. Baca juga: Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

7. Menyerap Kadar Glukosa dalam Tubuh
Buah belimbing yang memiliki kandungan 60% selulosa, 27% hemiselulosa, dan 13% pektin ini mampu mengikat glukosa yang masuk dalam tubuh yang berasal dari makanan yang anda konsumsi. Glukosa didalam tubuh sebagian akan berubah menjadi karbohidrat yang akan dibakar lagi menjadi energi, namun glukosa akan tetap tersisa karena adanya pembakaran yang tidak sempurna. Maka dari itu, fungsi buah belimbing adalah menyerap dan mengikat sisa-sisa glukosa dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Baca juga manfaat buah lontar untuk wanita untuk mengetahui buah-buahan lain yang mampu mengendalikan kadar glukosa dalam tubuh

8. Sebagai Menu Diet yang Aman
Saat program diet berlangsung, umumnya ada kemungkinan terjadinya masalah dalam organ pencernaan karena perubahan jam dan pola makan. Salah satu masalah organ pencernaan yang dimaksud disini adalah penyakit Maag. Namun, dengan melakukan program diet dengan menggunakan menu buah belimbing anda tidak perlu merasa khawatir dengan hal seperti ini. Karena kandungan lendir yang terdapat didalam lapisan mukosa gastrointestinal bermanfaat untuk mengatasi permasalahan yang timbul apabila dalam keadaan tertentu terjadi indikasi kerusakan organ pencernaan akibat gastritis. Baca juga: Manfaat Jintan Hitam untuk Diet.

Cara Mengolah Belimbing untuk Diet

Bagaimana banyak bukan manfaat buah belimbing untuk diet? Berminat untuk menjadikan buah belimbing sebagai menu diet anda? Menu diet dari buah belimbing pun bisa anda ubah atau kreasikan sesuai selera anda, tidak harus dengan memakan buah belimbing secara langsung. Berikut beberapa tips dan cara mengolah buah belimbing untuk menu diet anda:

1. Jus Belimbing
Membuat jus belimbing adalah cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan potongan buah belimbing dengan mixer ataupun blender. Sebenarnya anda bisa menambahkan gula untuk penyedap, namun disarankan kurangi konsumsi gula apabila sedang menjalankan program diet. Jangan lupa tambahkan es batu untuk menambahkan sensasi kenikmatan jus belimbing saat diminum. Baca juga: Manfaat Brokoli untuk Diet.

2. Sirup Belimbing
Tahapan membuat sirup belimbing adalah sebagai berikut:

Potonglah buah belimbing menjadi beberapa bagian
Tumbuk belimbing hingga menjadi cukup halus dan mengeluarkan air
Panaskan didalam panci
Tambahkan gula pasir dan air secukupnya
Jika sudah menyusut dan terlihat mengental, diamkan sejenak hingga tidak panas
Saring dan kemudian masukkan didalam kulkas
Sirup belimbing siap dinikmati
Baca juga: Manfaat Kacang Polong Untuk Diet, Manfaat Pir Hijau Untuk Diet.

3. Selai Belimbing
Selai buah belimbing bisa anda padukan dengan roti dan anda jadikan sebagai menu diet di pagi hari. Berikut bahan yang perlu disiapkan:
1 buah jeruk, 1 buah belimbing, Gula secukupnya

Cara pengolahannya:

Bersihkan Belimbing dari kulitnya dan pisahkan Belimbing dengan bijinya
Bersihkan pula Jeruk dengan kulitnya dan ambil bagian dagingnya saja
Peras daging Jeruk yang telah dipisahkan dari kulitnya
Panaskan potongan Belimbing dengan sari jeruk didalam panci, dan aduk sesekali secara perlahan
Masukkan pula gula sesuai selera anda
Rebuslah selama kurang lebih 30 hingga 40 menit
Tiriskan, biarkan hingga dingin dan mengental
Selai buah belimbing siap dinikmati
Ternyata ada banyak kreasi bukan untuk mengkonsumsi buah belimbing? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :