Topik Terhangat

Pekerja Asing Dihukum Hormat Ke Bendera Merah Putih

Pekerja Asing Dihukum Hormat Ke Bendera Merah Putih. DILIPUTNews.com (Foto : Doc/Youtube)

DILIPUTNews.com, Sumedang – Video yang memperlihatkan seorang pekerja asing tengah hormat ke bendera merah putih, viral di Facebook dan YouTube. Diketahui pekerja asing tersebut merupakan salah satu pekerja di proyek Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata menjelaskan, pria tersebut merupakan pekerja di perusahaan MCC Co. Limited. Ia tengah dihukum lantaran sebelumnya diduga melecehkan bendera merah putih.

“Dua buah bendera Merah-Putih beserta tiangnya yang terpasang di gerbang sisi kanan dan kiri proyek dibongkar dan dilempar (ke tanah) diduga oleh pekerja asing,” Ujar Hari seperti yang dilansir detikcom, Minggu (10/9/2017).

Proyek tersebut berlokasi di Dusun Cilengsar, Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Menurut Hari, saksi bernama Dede Tarmedi (40) menuturkan, saat ia keluar terowongan kemudian melihat pria bernama Mr Cen tersebut melemparkan bendera merah putih yang tertancap di tiangnya.

“Saksi menegur pelaku dan menanyakan maksud yang dilakukan oleh pelaku dalam bahasa Sunda, ‘Ngalaan bendera teh ulah sangenahna wae’ (mencopot bendera jangan seenaknya),” Lanjutnya.

Mendapati bendera negaranya dijatuhkan ke tanah, terjadi percekcokan antara Dede dan Cen. Singkat cerita, Cen kemudian ‘dihukum’ Haris Yulianto (40), sekuriti proyek, untuk melakukan penghormatan ke bendera Indonesia selama 60 menit di hadapan rekan sesama pekerja.

Polisi sudah mempertemukan pihak yang berselisih. Mereka mengakui adanya salah paham.

“Ada kesalahan paham saja, namun demikian sudah diselesaikan antara LSM, warga, dengan perusahaan dan dibuatkan surat pernyataan tertulis yang ditandatangani kedua belah pihak,” jelasnya.

Menurut Hari, pihak perusahaan juga telah menyampaikan permohonan maaf berkaitan kejadian ini. “Pihak MCC juga meminta maaf. Atas kejadian tersebut pihaknya meminta maaf kepada Bangsa Indonesia dan akan menindak lanjuti dengan memecat oknum tersebut dan mendeportasi,” Pungkas Hari.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :