Topik Terhangat

DANDIM 0105 Terima AK-56 Buatan Rusia

Komandan Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Ifn Herry Riana Sukma. DILIPUTNews.com

DILIPUTNews.com, Meulaboh – Kopral Dua (Kopda) Surya Muhammad Nasir menyerahan satu pucuk sejanta api laras panjang jenis Ak-56 berserta 7 butir peluru aktif kaliber 7,62 x 39 mm buatan Rusia kepada Komandan Kodim (Dandim) 0105/ Aceh Barat.

Penyerahan senpi milik salah satu mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut berlansung di Aula Makodim setempat sekaligus dengan pelaksanaan upacara penyerahan penghargaan atas keberhasilan tugas kopda surya. Senin, 11/09/2017.

Senpi laras panjang itu diterima oleh Kopda surya dari adik kandung pemilik pada Minggu (10/09) malam, senjata sisa konflik itu teah lama disimpan oleh Eks kombatan GAM sejak perdamain pada tahun 2015 lalu.

Berkat pendekatan yang dibangun Kopda Surya berhasil meluluhkan hati si pemilik agar menyerahkan senjata tersebut melalui adik kandungnya.

Berkat hasil yang dicapai oleh Kopda Surya tersebut, ia pun diberi penghargaan berupa sertifikat sebagai prajurit berprestasi untuk dilampirkan kedalam usulan yang akan diajukan ke KODAM IM agar diberikan penghargaan setimpal atas keberhasilannya.

Sementara itu Dandim 0105/Abar Letkol Ifn Herry Riana Sukma mengapresiasikan keberhasilan prajurit TNI AD sebagai anggota unit Intel Kodim 0105/Abar, ia juga mengatakan bahwa senjata api laras panjang tersebut milik salah satu eks kombatan GAM di Aceh Barat.

“Senjata itu milik mantan anggota GAM yang diserahkan melalui prajurit TNI Kodim 0105/Abar, Kopda surya Muhammad Nasir di kecamatan sungai Mas,” Ujarnya di aula Makodim.

Ia juga menduga masih ada senjata api sisa konflik yang disimpan oleh masyarakat khususnya di kabupaten Aceh barat.
Dugaan tersebut diliat dari masih adanya prilaku kejahatan yang menggunakan senjata api di wilayah ini.

“Dugaan kita masih ada senjata api sisa konflik yang disimpan oleh masyakat, karena masih ada kejadian perampokan yang mengunakan senjata Api,” lanjutnya.

Herry pun menghimbau kepada masyarakat agar menyerahkan kepada pihak yang berwajib jika ada menyimpan senjatan api jenis apapun.

“Saya Juga menghimbau kepada masyarakat jika ada yang masih menyimpan senjata api, untuk segera diserahkan kepada pihal berwajib,” Pungkasnya. (Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :