Topik Terhangat

Inilah Manfaat Daun Sirsak Yang Harus Anda Ketahui

Foto : Ilustrasi @google


DILIPUTNews.com, Meulaboh – Sirsak (Annona Muricata) adalah salah satu spesies tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis terutama di Indonesia dan menghasilkan buah yang rasanya manis dan agak asam. Tidak hanya buahnya, ternyata daun sirsak juga sudah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan alternatif.

Daun sirsak terkandung berbagai senyawa aktif diantaranya flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B and C, fitosterol, dan kalsium oksalat, senyawa utama yang terkandung adalah annona acetogenins, yang merupakan salah satu jenis asam lemak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak yang diperoleh DILIPUTNews.com dari berbagai sumber.

1. Meredakan Demam
Demam adalah salah satu indikator atau tanda bahwa terjadi masalah dalam tubuh. Saat terjadi gangguan seperti peradangan, tubuh akan mengeluarkan sinyal dan merangsang otak untuk meningkatkan suhu badan seseorang.

Kenaikan suhu tersebut dimaksudkan untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan. Meskipun demikian, demam dapat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan terganggu sehingga jika seseorang mengalami demam, ia harus segera ditangani.

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.

2. Mengurangi gejala arthritis
Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis.

Arthritis adalah suatu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh.

Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

3. Mencegah kerusakan kulit
Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat. Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda pada wajah.

Anda dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama beberapa hari dan lihat hasilnya.

4. Mencegah dan mengobati kanker
Salah satu khasiat daun sirsak yang tak terduga adalah mencegah dan mengobati kanker. Banyak penelitian telah membuktikan pengaruh ekstrak daun sirsak terhadap perkembangan berbagai macam sel kanker dalam tubuh.

Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel.

Secara alami, sel tubuh yang rusak dalam tubuh akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya, namun pada kasus penyakit kanker, sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya.

Tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

5. Mencegah dan mengobati diabetes
Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh akibat diabetes dapat merusak sel dan jaringan sehingga penyakit diabetes termasuk salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit diabetes atau kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat dan genetis yang menyebabkan insulin resistance atau kerusakan fungsi hormon insulin.

Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah.

6. Mengatasi peradangan
Peradangan dalam tubuh dapat terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit.

Oleh sebab itu, air rebusan maupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan maupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti usus dan lambung. (Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :